Menjadi Kunci bagi Kesuksesan Ganda Putra Indonesia, Berikut Profil Herry IP, Coach Naga Api

| 27 Sep 2022 17:15
Herry IP di tengah para pebulu tangkis (Foto: Twitter INABadminton)

ERA.id - Hubungan pelatih bulutangkis ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi atau Herry IP dengan Kevin Sanjaya, salah satu pemainnya, dikabarkan tengah memburuk.

Hubungan yang memburuk antara Kevin Sanjaya dan Herry IP sendiri sudah tercium ketika pagelaran Japan Open dan Kejuaraan Dunia dihelat.

Kevin Sanjaya Sukamuljo (Instagram @kevin_sanjaya)

Saat itu, Minions (julukan untuk Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon) tidak menerima pendampingan Herry IP di dalam lapangan.

Kecurigaan para Badminton Lovers (BL) itu akhirnya terbukti saat Kevin sanjaya maupun Herry IP memberikan pernyataan mengenai keretakan hubungan tersebut.  

Dikutip dari salah satu sumber, Herry IP menyebutkan bahwa partner Marcus Fernaldi Gideon itu sudah tidak berminat lagi berlatih dengannya di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Keretakan Hubungan Bermula dari Statement Herry IP

Herry IP tidak memahami alasan Kevin enggan berlatih dengannya kembali.

Pelatih yang dijuluki Coach Naga Api itu pun mendengar kabar tersebut dari asisten pelatih ganda putra, Aryono Minarat, setelah turnamen Indonesia Open 2022 digelar pada 14-19 Juni lalu.

Sementara dilansir dari sumber lainnya, Kevin juga menyatakan keretakan tersebut bermula dari statemen Herry IP setelah Indonesia Open digelar.

Saat itu, Herry IP sempat mempermasalahkan attitude Kevin saat bertanding ketika Marcus belum pulih dari cedera sepenuhnya.

Pihak PBSI sendiri mengatakan bahwa mereka akan memberikan solusi terbaik terkait keretakan hubungan Herry IP dengan Kevin.

Sosok Kunci Keberhasilan Ganda Putra Indonesia

Herry Iman Pierngadi atau yang akrab disapa Herry IP merupakan sosok kunci di balik keberhasilan nomor ganda putra Indonesia di kancah internasional.

Herry IP, pelatih yang dijuluki Naga Api tersebut, berhasil mendorong sederet pasangan ganda putra Indonesia untuk menjadi pemenang di panggung dunia.

Dari tangan dingin Herry IP ini, setidaknya pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mampu menempati urutan nomor satu dan dua.

Selain kedua pasangan tersebut, Coach Naga Api juga tengah menyiapkan regenerasi di sektor ganda putra untuk mengguncang panggung dunia.

Beberapa atlet di antaranya yaitu Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, Bagas Maulana/M Shohibul Fikri, hingga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Berkat tangan dingin Herry IP inilah, sederet pasangan ganda putra tersebut mampu membawa nama Indonesia dengan harum di kancah internasional.

Lantas siapakah sebenarnya Herry Iman Pierngadi? Berikut profilnya.

Profil Herry Iman Pierngadi

Herry Iman Pierngadi lahir di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, pada 21 Agustus 1962. Ia memulai kiprahnya sebagai pelatih bulu tangkis sejak tahun 1993 saat bergabung di Dewan nasional Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI).

Pada mulanya, Herry IP diamanahkan sebagai pelatih nasional Pratama Indonesia di Pelatnas Cipayung. Selanjutnya pada tahun 1999, ia ditetapkan sebagai pelatih utama ganda putra di Pelatnas karena posisi sebelumnya dilepas oleh Christian Hadinata yang dipromosikan menjadi Direktur Pelatnas Nasional PBSI.

Sejak melatih atlet di Pelatnas Cipayung pada periode 1993 hingga 2008, Herry IP telah mencetak sederet pasangan ganda putra berkualitas kelas dunia.

Beberapa di antaranya yaitu Candra Wijaya/Sigit Budiarto, Chandra Wijaya/Tony Gunawan, dan Flandy Limpele/Eng Hian.

Namun, Dewan Nasional PBSI sempat mendepak dirinya. Beberapa tahun absen dari dunia bulutangkis, akhirnya ia kembali turun gunung pada tahun 2011.

Kerja kerasnya kembali membuahkan hasil. Prestasi di sektor ganda putra pun kembali merangkak naik. Selanjutnya terlahirlah beberapa pasangan seperti Markis Kido/Hendra Setiawan.

Pada saat ini, Herry IP mempercayakan dan mewariskan keahliannya kepada asistennya, Aryono Miranat. Keduanya diketahui sudah bekerja sama cukup lama.

Demikianlah penjelasan mengenai profil Herry IP, salah satu tokoh yang sudah memberikan andilnya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi