Fakta Bilqis Prasista, Tunggal Putri Bulutangkis Indonesia yang Kalahkan Rangking Satu Dunia

| 11 May 2022 18:35
Fakta Bilqis Prasista, Tunggal Putri Bulutangkis Indonesia yang Kalahkan Rangking Satu Dunia
Bilqis Prasista (Instagram/badminton.ina)

ERA.id - Atlet bulutangkis Indonesia, Bilqis Prasista saat ini tengah ramai dibicarakan publik. Ini terjadi usia ia berhasil mengalahkan ranking satu dunia, Akane Yamaguchi di laga final penyisihan grup Uber Cup 2022.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022), Bilqis berhasil menaklukan Akane dengan dua game langsung, dengan skor 21-19, 21-19. Dengan kemampuannya yang mumpuni itu, Bilqis pun mulai dibicarakan publik dan berikut fakta menarik tentang dirinya.

1. Anak dari legenda bulutangkis Indonesia

Bilqis Prasista (Instagram/badminton.ina)

Darah bulutangkis memang sudah mengalir dalam diri atlet yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003 itu.  Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulutangkis Indonesia, yakni Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Joko Suprianto adalah mantan pemain pelatnas era tahun 90an. Salah satu prestasi tertingginya adalah menjadi juara di Kejuaraan Dunia 1993 di cabang tunggal putra. Sedangkan Zelin Resiana juga aktif sebagai atlet badminton era 90an. Ia tergabung dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

2. Memiliki saudari kembar

Bilqis Prasista ternyata memiliki seorang saudari kembar, yang memiliki nama hampir sama, yakni Bilqis Pratista. Saudari kembarnya ini juga merupakan seorang pemain bulutangkis dan tergabung dalam klub PB Djarum. Meski demikian, hingga saat ini baru Bilqis Prasista yang berhasil menembuh pelatnas PBSI.

3. Meraih banyak prestasi di kejuaraan junior

Sebelum masuk ke tahap pertandingan senior, Bilqis sudah meraih banyak prestasi di kejuaraan junior. Kejuaraan tersebut meliputi, Juara Jakarta Junior Internation Series 2019, Juara Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner Up Denmark Junior.

Rekomendasi