Pimpin Timnas Garuda, Inilah 5 Prestasi Bergengsi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

| 13 Oct 2022 19:07
Pimpin Timnas Garuda, Inilah 5 Prestasi Bergengsi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule bersama pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

ERA.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong terus membuktikan jika dirinya memiliki kapasitas dalam membersamai Timnas Indonesia di sejumlah level kelompok usia. Sekian prestasi berhasil diraih pelatih yang memiliki kewarganegaraan Korea Selatan itu sepanjang tahun ini.

Tim Indonesia U-20. (Foto: Dok. PSSI)

Seperti yang diinformasikan, Shin Tae-Yong mengemban tanggung jawab yang cukup besar selama melatih Timnas Indonesia. Ia diamanahkan untuk membawa timnas U-19, U-23, dan juga Senior menuju kemenangan.

Selama ini pun penampilan tim asuhannya tidak terlepas dari kritik yang dilontarkan publik. Terlebih lagi, pencinta sepak bola Tanah Air begitu berharap Timnas meraih berbagai prestasi, sehingga Shin Tae-yong secara otomatis mendapatkan tekanan untuk membuat Skuad Garuda terbang di atas angin.

Meskipun demikian, Shin Tae-yong dapat membuktikan bahwa dirinya layak memimpin Timnas Indonesia. Sejumlah prestasi berhasil ia torehkan sebagai sejarah sepak bola Indonesia. Apa saja prestasi-prestasi tersebut? Berikut penjelasannya.

Runner-up Piala AFF 2020

Ketika melakoni Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu, kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia diuji. Pada babak final, Timnas Indonesia mendapatkan lawan Timnas Thailand. Namun, saat itu Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan rival abadinya di Asia Tenggara tersebut.

Setelah berjalan selama dua leg, Timnas Indonesia tidak berhasil comeback di leg kedua. Egy Maulana Vikri dkk hanya mampu bermain imbang 2-2. Padahal, pada leg pertama, Timnas Indonesia tertinggal 0-4 dari Thailand.

Walaupun gagal meraih juara, kiprah Timnas Indonesia terkesan sangat impresif. Mereka tak terkalahkan pada babak penyisihan Grup B. Dari empat laga, skuad Garuda menggondol tiga kemenangan dan hanya satu kali imbang. Mereka pun berhasil finis di posisi pertama setelah unggul dari Vietnam.

Perunggu SEA Games 2021

Setelah Piala AFF 2020 berlalu, Shin Tae-yong kembali melatih Timnas Indonesia. Kali ini ia memimpin tim untuk kategori usia 23 tahun.

Timnas Indonesia U-23 pun pulang kampung dengan menggondol medali dari Hanoi. Mereka membawa pulang perunggu SEA Games 2021 setelah menaklukkan Timnas Malaysia U-23 melalui adu penalti dengan skor 4-3.

Walaupun hanya membawa perunggu, kiprah Garuda Muda tentunya patut menerima apresiasi. Pasalnya, dari empat pertandingan di fase Grup A SEA Games 2021, Timnas Indonesia menyuguhkan performa yang menggila. Witan Sulaeman dan kolega mampu menciptakan 11 gol dan hanya kebobolan lima gol.

Kurang dari Satu tahun Naik 20 Peringkat FIFA  

Sejak Desember 2019, Shin Tae-yon sebenarnya sudah dikontrak PSSI. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu baru benar-benar aktif melatih pada laga resmi Timnas Indonesia di bulan Juni 2021. Ketika itu posisi Timnas Indonesia berada di ranking FIFA urutan ke-175 dunia per September 2021.

Namun, tak sampai satu tahun atau tepatnya bulan September 2022, posisi Timnas Indonesia sudah melejit drastis. Dari update ranking FIFA terbaru per Juni 2022, Timnas Indonesia sudah menduduki posisi ke-155 ranking dunia. Dalam kata lain, sejak di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah melewati 20 peringkat.

Timnas Indonesia Tampil Memukau pada Kualifikasi Piala Asia 2023

Sejak di bawah Shin Tae-yong, daya gebrak Timnas Indonesia pun terlihat mengerikan. Walaupun terlihat kerap berganti taktik, formula racikan Shin Tae-yong tetap membuahkan hasil yang memuaskan. Hal itu terbukti dari ketajaman lini serang Timnas Indonesia selama babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Skuad Garuda tercatat berhasil menciptakan sembilan gol dalam tiga laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Gol tersebut dicetak ketika menang 2-1 dari Kuwait dan memecundangi Nepal dengan angka 7-0. Berkat torehan gol tersebut, Timnas Indonesia tercatat sebagai tim kedua yang begitu subur bersama Uzbekistan dan berada di bawah Palestina (10 gol).

Lolos Piala Asia 2023

Momentum panjang setelah penantian yang begitu lama pun akhirnya datang. Selama 16 tahun terakhir, akhirnya Timnas Indonesia kembali ke Piala Asia. Timnas Indonesia unjuk gigi di Piala Asia terakhir kali pada tahun 2007. Itu pun Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2007 dengan status tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Prestasi ini pun ditetapkan sebagai torehan manis skuad Garuda bersama Shin Tae-yong. Namun demikian, euforia Timnas Indonesia hendaknya tak perlu berlebih. Karena tantangan sebenarnya akan mereka alami di Piala Asia 2023, yang menurut jadwal akan dilangsungkan pada 16 Juni 2023 mendatang.

Nah, itulah beberapa perolehan dari prestasi Shin Tae Yong yang diukir bersama Timnas Garuda. Semoga sepak bola Indonesia semakin berkembang pesat dengan prestasi-prestasi lainnya di hari depan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi