Rekor Indonesia di Semifinal Piala AFF Terbilang Bagus, Meski Belum Pernah Angkat Trofi

| 03 Jan 2023 22:35
Rekor Indonesia di Semifinal Piala AFF Terbilang Bagus, Meski Belum Pernah Angkat Trofi
Timnas Indonesia dalam laga Indonesia vs Filipina Piala AFF 2022 (antaranews)

ERA.id - Rekor Indonesia di semifinal Piala AFF terpecahkan usai timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) beberapa waktu setelah tim Garuda menekuk Filipina.

"Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket semifinal ke-10 mereka dalam sejarah," tulis AFF dalam caption unggahan di akun Instagram-nya, @affmitsubishielectriccup, Senin, 2 Januari 2023, dikutip Era.

Timnas Indonesia mengakhiri laga kontra Filipina dengan skor 2-1 di Rizal Memorial Stadium, Filipina. Hasil tersebut membuat anak asuh Shin Tae-yong lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Ini menjadi hal yang spesial bagi timnas Indonesia karena capaian Indonesia di semifinal AFF telah menyentuh 2 digit.

Rekor Indonesia di Semifinal Piala AFF

Indonesia vs Vietnam dalam Piala AFF 2020 (antaranews)

Dari total ajang AFF yang pernah diikuti sebelumnya, timnas Indonesia telah sembilang kali lolos ke babak semifinal. Dari total tersebut, Indonesia berhasil enam kali duduk di posisi runner-up, dua kali podium ketiga, dan sekali peringkat keempat. Namun, Indonesia belum sekali pun menjadi kampiun Piala AFF.

Sejauh ini, Thailand menjadi timnas tersukses untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF, yaitu 12 kali. Dari total capaian tersebut, Thailand berhasil menjadi juara sebanyak 6 kali. Tim terbanyak kedua yang menginjakkan kaki di semifinal adalah Vietnam, yaitu 11 kali. Dari total tersebut, Vietnam menjadi juara AFF dua kali.

Calon Lawan Indonesia di Semifinal AFF 2022

Jelang semifinal Piala AFF 2022, ada tiga tim yang berpeluang menjadi lawan Indonesia. Indonesia lolos ke babak semifinal bersama Thailand yang menjadi juara Grup A setelah mengakhiri perlawanan Kamboja dengan skor 3-1. Thailand menjadi pemuncak grup karena unggul selisih gol dari Indonesia.

Timnas Indonesia masuk ke babak semifinal Piala AFF dengan status runner-up sehingga nantinya mereka akan melawan juara Grup B. Vietnam adalah tim yang berpeluang menjadi juara Grup B karena saat ini masih memimpin klasemen dengan tujuh poin dari tiga laga.

Di posisi kedua, Singapura memiliki poin yang sama, tetapi kalah jumlah gol dari Vietnam. Dua tim lain yang berpeluang menjadi lawan Indonesia adalah Singapura dan Malaysia. Namun, Vietnam menjadi yang paling besar peluangnya sebab pada laga terakhir babak grup akan menghadapi Myanmar yang sudah dipastikan tersingkir.

Di atas kertas, Singapura dan Malaysia merupakan tim yang lebih ringan untuk dihadapi Indonesia dibandingkan Vietnam. Berdasarkan rekor pertemuan, Vietnam lebih unggul dari Indonesia. Dari empat pertemuan terakhir, Vietnam berhasil menang dua kali dan dua laga berakhir imbang.

Sejak Piala AFF 2022 digelar, Vietnam telah menjadi unggulan untuk mengangkat trofi. Komposisi skuad ini terbilang kuat dan dalam beberapa tahun terakhir memang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan negara-negara peserta yang lain.

Rekor Indonesia di semifinal Piala AFF memang terbilang bagus karena telah 6 kali masuk final Piala AFF. Namun, belum sekali pun Indonesia mengangkat trofi. Hal berbeda berlaku bagi para calon lawan Indonesia di semifinal sebab Vietnam sudah dua kali juara, Malaysia satu kali, sedangkan Singapura empat kali. 

Rekomendasi