Gibran Rakabuming Curhat soal Kebijakan PSSI di Tangan Iwan Bule

| 15 Jan 2023 23:00
Gibran Rakabuming Curhat soal Kebijakan PSSI di Tangan Iwan Bule
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membagikan buku untuk anak-anak usai membuka acara Grebeg Sudiro di kawasan Pasar Gede, Solo, Minggu (15/1/2023).

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengeluhkan kebijakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di tangan Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule.

Gibran menegaskan tak ada masalah dengan Iwan, tapi kebijakannya mengelola PSSI membuatnya mengerutkan dahi.

Makanya, dia mendukung Erick Thohir sebagai suksesor Iwan, untuk menjadi Ketua Umum PSSI. ”Calon Ketua PSSI sudah pada daftar. Biar berproses saja. Saya secara pribadi dan personal serta terbuka mendukung Pak Erick Thohir jadi Ketua PSSI,” kata Gibran usai menghadiri event Grebeg Sudiro pada Minggu (15/1/2023). 

Dukungan pada Erick juga diberikan oleh adiknya yang sekaligus Direktur Utama (Dirut) Persis Solo Kaesang Pangarep. Dukungan ini diberikan Kaesang saat mengantarkan Erick mendaftar di kantor PSSI, Minggu (15/1/2022).

Menurut Gibran, saat ini PSSI memerlukan orang yang profesional, berpengalaman, dan berkomitmen membuat Liga Indonesia menjadi lebih baik.

”Saya baik ke semua orang. Situasi saat ini sedang chaos dan carut-marut,” ucapnya.

Saat ditanya mengenai dobel jabatan, Erick sebagai Menteri Badah Usaha Milik Negara (BUMN) dan kepemilikan 20 persen saham Persis Solo, ia mengaku tidak tahu mekanismenya.

"Soal saham Pak Erick 20 persen di Persis Solo, tanya ke Kevin (Direktur Persis Solo Kevin Nugroho)," katanya. 

Gibran menambahkan, pihaknya juga menyoroti dihentikannya Liga 2 dan tidak adanya degradasi Liga 1 musim 2022/2023. Hal itu sangat merugikan pemilik klub.

"Makanya kan saya bilang, kalah menang tidak ada artinya, Liga 1 tidak ada degradasi. Ini sangat merugikan semua aspek ekosistem persepakbolaan Indonesia," tandasnya.

Rekomendasi