Perjalanan Karir Witan Sulaeman yang Saat Ini Memperkuat Persija

| 01 Feb 2023 21:15
Perjalanan Karir Witan Sulaeman yang Saat Ini Memperkuat Persija
Witan Sulaeman (Foto: PSSI)

ERA.id - Dalam artikel kali ini, akan dibahas perjalanan karier Witan Sulaeman, bintang Timnas Indonesia. Winger yang saat ini berusia 21 tahun itu baru saja resmi diperkenalkan oleh Persija Jakarta sebagai rekrutan anyar dalam Liga 1 2022-2023.

Witan Sulaeman direkrut dengan lama kontrak 3,5 tahun sejak Selasa (31/1/2023). Ini merupakan kali pertama Witan akan berlaga di Liga 1.

Perjalanan Karir Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menempa dirinya di SSB Galara saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selama bermain untuk SSB Galara, Witan ikut berlaga dalam ajang Liga Pelajar Indonesia dan Piala Kemenpora.

Setelah lulus SMP, Witan mengadu keberuntungan dengan terbang merantau ke Jakarta. Witan datang untuk menjalani proses seleksi Diklat Ragunan Jakarta, dan beruntungnya ia berhasil lolos.

Witan Sulaeman (Foto: Instagram/@witansulaiman_)

Ketika masuk Diklat Ragunan, ternyata jadi titik tolak yang sungguh berarti bagi karier Witan. Witan berjumpa dengan Egy Maulana Vikri dan akhirnya sama-sama menembus Timnas Indonesia U-19.

Ajang pertama yang dijalani Witan bersama Timnas Indonesia U-19 yaitu Toulon Cup di Prancis. Setelah itu, Witan terus menerus dijadikan andalan Timnas Indonesia, terakhir kali pada ajang SEA Games 2019 bersama Timnas Indonesia U-23.

Mengenai level klub, semenjak tahun 2018 Witan sudah memiliki hubungan dengan klub Eropa. Terutama setelah Egy Maulana Vikri mampu menembus skuat Lechia Gdansk, nama Witan kian santer dikabarkan akan menyusul ke Benua Biru.

Bahkan pada 16 November 2018, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, telah memberikan kode bahwa ada klub Eropa yang menaruh minat dengan skill Witan. Isnanta juga mengaku, bahwa pihak Kemenpora akan membantu Witan agar dipermudah berangkat menuju Eropa.

Namun, Witan tak kunjung jua menerima kontrak resmi dari klub Eropa, karena menunggu usianya masuk 18 tahun. Witan pun memilih untuk meneruskan karier sementara di klub Liga 2 2019, PSIM Yogyakarta, pada tanggal 18 Agustus 2019.

Pemain yang lahir di Palu, Sulawesi Tengah itu selanjutnya dilirik oleh pelatih Indra Sjafri untuk bermain dengan tim nasional Indonesia.

Kariernya di tim nasional Indonesia juga cukup cermerlang, ia menjadi pemain pembeda dalam skuad Garuda Muda (julukan tim nasional U-19).

Setelah namanya bersinar bersama tim nasional, Witan memutuskan untuk keluar dari PSIM pada tahun 2020 dan bermain dalam liga profesional di Eropa.

Pemain yang juga dijuluki Baby Shark itu bergabung dengan FK Radnik Surdulica di liga Serbia. Bersama tim tersebut ia sudah mencatatkan 71 menit permainan dari dua laga.

Setahun berikutnya, ia menggabungkan diri dengan Lechia Gdansk, Polandia, klub yang juga pernah disinggahi oleh rekannya di tim nasional, yaitu Egy Maulana Vikri.

Setelah bersama Lechia Gdansk selama setengah musim, Witan dipinjamkan ke klub Slovakia, FK Senica. Kali ini, ia mendapatkan kesempatan yang lebih banyak.

Witan berhasil mengukir empat gol dan satu asis dari 12 pertandingan yang ia jalani. Masa peminjamannya di FK Senica selesai pada tanggal 11 Mei 2022, dan selanjutnya Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yaitu AS Trencin.

Bersama AS Trencin, Witan Sulaeman mengantongi 458 menit bermain dan membuahkan empat gol.

Babak Baru Bersama Persija

Saat ini, sang penyerang tim nasional Indonesia itu memulai babak barunya dengan merumput bersama Persija Jakarta dalam Liga 1 Indonesia.

Selain memiliki catatan baik selama meniti karier di level klub, Witan juga menjadi langganan Timnas.

Sejak usia 15 tahun tujuh bulan, Witan sudah menjalankan debut di Timnas saat tampil di Indonesia untuk kelompok umur U-19.

Hingga saat ini, Witan telah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, serta runner up Piala AFF 2020.

Demikianlah perjalanan karier Witan Sulaeman, pemain sepak bola muda berbakat yang saat ini bergabung dengan Persija.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi