Piala AFF 2022: Cuplikan Dua Gol Indonesia yang Bikin Kamboja Murung

| 23 Dec 2022 18:40
Piala AFF 2022: Cuplikan Dua Gol Indonesia yang Bikin Kamboja Murung
Ilustrasi sepak bola (Wikimedia Commons)

ERA.id - Gol dari penyerang sayap Egy Maulana dan Witan Sulaeman pada babak pertama membuat kita tersenyum sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Tim nasional Indonesia mengungguli Kamboja dengan skor 2-1 dalam laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Dalam pertandingan tersebut Indonesia menekan lawannya sejak menit awal hingga bubaran. Skuad berjuluk "Garuda" bahkan sempat membuat gol pada menit kedua melalui Egy Maulana, tetapi dianulir wasit lantaran "offside".

Terus menyerang, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong akhirnya mencetak gol pertama pada menit ketujuh melalui sepakan Egy. Egy memanfaatkan umpan silang dari Pratama Arhan.

Tujuh menit kemudian, giliran Witan Sulaeman yang melepaskan sepakan. Akan tetapi, bola membentur tiang gawang.

Kiper Indonesia Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan pada menit ke-15 dari percobaan Kamboja Sien Chanthea. Tak sampai beberapa detik setelahnya, Kamboja mampu menyamakan skor melalui sundulan Saret Krya.

Kejutan dari Kamboja membuat timnas Indonesia tersengat. Mengandalkan aliran bola dari sisi sayap, Indonesia mampu kembali menjadi yang terdepan setelah Witan Sulaeman melesakkan bola ke dalam gawang dengan kaki kirinya pada menit ke-35.

Tidak ada gol lain tercipta usai upaya Witan tersebut. Serangan-serangan balik Kamboja mampu dibaca dengan baik oleh lini pertahanan Indonesia yang diperkuat bek tengah debutan Jordi Amat. Jordi baru dinaturalisasi menjadi WNI pada November 2022.

​

Indonesia pun memimpin babak pertama dengan skor 2-1.

Adapun susunan pemain sebelas pertama dari kedua tim.

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto (kapten), Pratama Arhan, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli.

Timnas Kamboja: Keo Soksela-pg, Choun Chanchav, Tes Sambath, Soeuy Visal (kapten), In Sodavid, Lim Pisoth, Om Chanpolin, Sieng Chanthea, Saret Krya, Reung Bunheing, Seut Baraing.

Rekomendasi