Syarat Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-20, Berikut 3 Skenario yang Bisa Terjadi

| 07 Mar 2023 12:02
Syarat Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-20, Berikut 3 Skenario yang Bisa Terjadi
Syarat indonesia lolos perempat final piala asia u-20 (Twitter)

ERA.id - Sebagai salah satu negara peserta di Piala Asia U-20 2023, Indonesia harus melewati tahapan penyisihan grup terlebih dahulu untuk bisa lolos ke babak perempat final. Namun terdapat beberapa syarat Indonesia lolos perempat final Piala Asia U-20, apa saja?

Perlu diketahui, Indonesia yang kini ada di Grup A Piala Asia U-20 2023 masih memiliki peluang untuk lolos ke perempatfinal. Akan tetapi terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan agar dapat melangkah ke fase gugur.

Peluang Indonesia Lolos Penyisihan Grub

Jadwalnya, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Uzbekistan dalam laga terakhir penyisihan grup di Stadion Istiqlol, Fergana pada tanggal 7 Maret 2023, kemudian Suriah yang akan menantang Irak di Stadion Lokomotiv, Tashkent pada jam yang sama.

Pertandingan Indonesia dan Uzbekistan di Istiqlol Stadium (Twitter)

Uzbekistan kini memimpin klasemen dengan enam poin, lalu ada Irak dan Indonesia yang menyusul dengan tiga poin dari dua laga (Irak unggul selisih gol), dan Suriah yang belum meraih poin sama sekali.

Syarat utama agar Indonesia bisa lolos ke babak perempat final adalah dengan finis di peringkat dua atau menjadi salah satu dari empat tim terbaik peringkat tiga dari enam grup yang ada.

Untuk bisa finis di peringkat dua atau menjadi salah satu tim terbaik peringkat tiga, Indonesia harus bisa meraih kemenangan dan meraih poin sebanyak-banyaknya dalam tiga pertandingan penyisihan grup yang akan dijalani.

Selain itu, Indonesia juga harus mampu tampil konsisten dan mengalahkan tim-tim lawan yang cukup kuat.

Syarat Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-20

  1. Menang Atas Uzbekistan

Syarat nomor satu agar Indonesia melenggang ke perempatfinal Piala Asia U-20 2023 adalah memperoleh kemenangan besar atas Uzbekistan. Mengapa demikian?

Kemenangan Indonesia atas Uzbekistan membuat tidak bergantung pada hasil Irak melawan Suriah.

Akan tetapi, jika Irak menang atas Suriah, maka Indonesia harus menang banyak atas Uzbekistan, yaitu harus menang selisih minimal tiga gol tanpa balas.

  1. Irak Imbang Melawan Suriah, Indonesia Menang

Untuk opsi yang kedua, agar Timnas Indonesia U-20 lolos adalah berharap Irak seri melawan irak. Dengan demikian, membuat perolehan poin Irak menjadi 4 poin.

Kemudian, Indonesia juga harus menang melawan Uzbekistan agar memiliki enam poin. Hal tersebut akan membuat Indonesia menjadi runner up dari grub A.

Lantas apa syarat Indonesia agar menjadi juara Grub A? Agar menang menjadi juara Grub A, maka Timnas Indonesia harus menang dengan skor 3-0 atas Uzbekistan dan Irak harus bermain seri dengan Suriah.

  1. Berharap Irak Kalah dari Suriah

Opsi ketiga adalah menanti kekalahan Irak dengan Suriah, dan Indonesia hanya butuh skor imbang.

Jika Suriah mengalahkan Irak mesk, maka Timnas Indonesia U-20 hanya membutuhkan hasil seri melawan Uzbekistan. Meskipun Timnas Indonesia imbang melawan Uzbekistan, namun Irak akan tergusur di posisi kedua.

Meskipun demikian, tentu saja dari ketiga peluang di atas tidak mudah dan membutuhkan persiapan yang matang dan kerja keras dari para pemain, pelatih, dan seluruh tim pelatih dan manajemen tim nasional U-20 Indonesia. Namun tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola, bukan?

Selain syarat indonesia lolos perempat final piala asia u-20, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi