Level-level Turnamen Bulutangkis Internasional yang Perlu Diketahui

| 17 Mar 2023 21:05
Level-level Turnamen Bulutangkis Internasional yang Perlu Diketahui
Ilustrasi bulu tangkis Indonesia (Foto: PBSI)

ERA.id - Olahraga badminton saat ini menjadi salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum memahami level turnamen bulutangkis internasional yang diselenggarakan federasi bulutangkis tertinggi di dunia, yaitu Badminton World Federation (BWF).

Ada delapan macam tingkatan turnamen bulutangkis Internasional yang terdaftar di BWF. Turnamen-turnamen tersebut terdiri dari level paling bergengsi yang digelar oleh BWF secara langsung, misalnya turnamen beregu Thomas & Uber Cup, World Champion, hingga turnamen Internasional, Future Series yang menjadi level turnamen bulutangkis Internasional terendah.

Ilustrasi (Foto: Antara)

Turnamen Bulutangkis Internasional

Di bawah ini adalah level turnamen bulutangkis internasional yang bergengsi.

BWF Event

BWF Event merupakan turnamen bulutangkis kelas dunia yang digelar oleh BWF secara langsung. BWF akan menentukan tuan rumah yang akan menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan BWF tersebut maupun komite olimpiade internasional untuk penyelenggaraan kejuaraan bulutangkis di Olimpiade. Ada enam jenis turnamen yang secara langsung diselenggarakan BWF.  Sebagai informasi yang perlu diketahui, turnamen ini hanya menyiapkan poin-poin, yang cukup besar untuk para pemenang daripada dengan pemenang level yang ada di bawahnya, tanpa menyiapkan hadiah uang untuk para juara.

Adapun enam kategori turnamen yang termasuk dalam BWF Event, antara lain:

  • BWF World Badminton Championship
  • BWF World Junior Championship
  • Piala Thomas
  • Piala Uber
  • Piala Sudirman
  • Olimpiade Cabang Olahraga Bulu Tangkis
  • Super Series Premier

Super Series Premier adalah turnamen bulutangkis internasional bintang enam yang berupa sistem kejuaraan individu. Untuk tingkat Super Series Premiere, hanya terdapat lima kejuaraan yang mempunyai status kejuaraan bulu tangkis internasional super series premiere, antara lain Denmark Open, China Open, Indonesia Open, Malaysia Open, dan turnamen tertua All England Open.

Sedangkan total hadiah yang disediakan dari masing-masing negara di tahun 2015 ini antara lain, Indonesia Open berhadiah USD 800.000, Malaysia Open  berhadiah USD 500.000, China Open berhadiah USD 700.000,  Denmark Open berhadiah USD 600.000, dan All England Open  berhadiah USD 500.000.

Super Series

Setelah Super Series Premier, turnamen Super Series dinobatkan sebagai turnamen bulutangkis Internasional setara bintang lima.

Turnamen Super Series yang digelar pada tahun 2015 tersebut antara lain, Victor Korea Open 2015 berhadiah USD 600.000, Singapore Open 2015 berhadiah USD 300.000, India Open 2015 berhadiah USD 275.000, French Open 2015 berhadiah USD 275.000, Yonex Open Japan 2015 berhadiah USD 275.000, Hongkong Open 2015 berhadiah USD 275.000, dan Austalian Open 2015 yang menyiapkan total hadiah paling besar di level ini dengan memberikan hadiah sebesar USD 750.000.

Grand Prix Gold

Grand Prix Gold adalah turnamen bulutangkis  Internasional selevel bintang empat. Adapun yang termasuk turnamen Internasional bulu tangkis GPG pada saat ini yaitu delapan Negara yang memberikan total hadiah yang sama sebesar USD 120.000, yaitu Thailand Open 2015, US Open 2015, Malaysia GP Gold 2015, Indonesia GP Gold 2015, German Open Badminton Championship 2015, India GP Gold, Swiss Open 2015 , dan London GP Gold.

Selain itu ada dua turnamen selevel GPG yang menyiapkan hadiah lebih besar, yaitu Chinese Taipei Open 2015 yang berhadiah USD 200.000 dan China Master BWF GP Gold yang memberikan total hadiah paling besar di level GPG dengan total USD 250.000.

Grand Prix

Turnamen bulutangkis grand prix adalah turnamen bulutangkis dengan level bintang tiga. Adapun pihak yang menyelenggarakan turnamen level GP ini antara lain,  Korea Open GP  dan Macau Open GP yang menyiapkan total hadiah yang sama senilai USD 120.000.

Selain itu ada lima turnamen lain di kelas ini yang memberikan total hadiah sebesar USD 50.000 antara lain, New Zealand Open 2015, Canada Open 2015, Russian Open 2015, Dutch Open 2015, dan Scottish Open 2015.

International Challenge

Internasional Challenge adalah turnamen bulutangkis level keenam. Pada tahun 2015, ada 36 turnamen terdaftar yang menyebar di tiap-tiap negara yang memiliki level Internasional Challange. Adapun jumlah total hadiah yang diberikan tiap-tiap Negara pun beragam, minimum USD 15,000.

International Series

Turnamen international series adalah turnamen bulutangkis internasional yang masuk dalam kalender BWF berlevel ketujuh.  Seperti halnya dengan international Challenge, International Series juga cukup banyak digelar setiap tahunnya. Pada tahun 2015, ada lebih dari 40 turnamen berlevel International Series yang berlangsung. Indonesia tidak mengadakan turnamen terendah kedua ini.  Total hadiah minimum level turnamen ini adalah USD 5.000.

Future Series

Future Series adalah turnamen  internasional bulutangkis level yang paling rendah di dunia. Rata-sata penyelenggara turnamen ini yaitu negara yang kurang begitu mengenal bulutangkis misalnya, Riga International, Lithuanian International, dan Slovak Open. Total hadiah untuk turnamen ini tidak dapat dipahami secara pasti, sebab di dalam situs resmi BWF pun tidak disebutkan.

Demikianlah ulasan mengenai level turnamen bulutangkis internasional beserta hadiah-hadiah yang disediakan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi