Profil Syabda Perkasa Belawa dan Kronologi Kecelakaan Maut yang Menimpanya

| 20 Mar 2023 17:33
Profil Syabda Perkasa Belawa dan Kronologi Kecelakaan Maut yang Menimpanya
Profil syabda perkasa belawa (Twitter)

ERA.id - Kabar duka bagi bulutangkis nasional, atlet muda tunggal putra, Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia karena mengalami kecelakaan. Berikut ini profil Syabda Perkasa Belawa dan kronologi kecelakaan yang dialaminya.

Perlu diketahui, Syabda Perkasa Belawa merupakan atlet tunggal putra Indonesia yang saat ini masih berusia 21 tahun. Ia sempat mencuri perhatian publik setelah menjadi penentu kemenangan Indonesia di laga Grup A Piala Thomas Cup 2022 lalu.

Profil Syabda Perkasa Belawa

  1. Kelahiran 2001

Masih berusia cukup muda, Syabda lahir di Jakarta pada tanggal 25 Agustus 2001. Namanya mencuat setelah ikut dalam tim putra Indonesia dalam Thomas Cup 2022.

  1. Sejak SMP Bergabung PB Djarum

Syabda mulai menekuni karir badminton ketika dirinya bergabung dengan PB Djarum pada 2013 silam. Pada waktu itu, Syabda masih duduk di bangku kelas 1 SMP.

  1. Juara BWF Junior

Di tahun keenam setelah bergabung dengan PB Djarum, perjuangan Syabda menorehkan hasil. Pada 2019 lalu Syabda menjadi juara di BWF Junior International di Jakarta setelah mengalahkan Christo Popov.

  1. Juara Thomas Cup

Prestasi membanggakan Syabda terbaru adalah ketika dirinya menjuarai Thomas Cup 2022. Pada waktu itu, Syabda harus melawan perwakilan dari Korea Selatan ada Mei 2022.

  1. Tiga Gelar Berurutan

Tidak puas dengan Thomas Cup, Syabda sukses menjuarai Lithuanian International 2022. Kemudian pada akhir tahun 2022, Syabda kembali menjadi juara satu pada Malaysia International Series 2022.

Ketiga, atau prestasi terakhir yang direngkuh Syabda adalah Iran Fajr International Challange di Teheran pada awal tahun 2023.

  1. Ranking 100 Besar BWF

Memiliki prestasi yang gemilang di usia muda, tidak heran Syabda menjadi atlet bulutangkis yang diperhitungkan. Dilansir dari Detik Sport, BWF saat ini menempatkan Syabda di ranking 90 dunia tunggal putra.

Kronologi Kecelakaan Syabda Perkasa Belawa

Sebagaimana diberitakan Era sebelumnya, Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Jalan Tol Pemalang, Jawa Tengah pada hari Senin 20 Maret 2023. Pada waktu itu, Syabda bersama dengan keluarganya hendak menuju Sragen.

  1. Mengendarai Toyota Camry

    kondisi mobil yang ditumpangi Syabda (Twitter)

Syabda mengalami kecelakaan bersama keluarganya setelah mobil Toyota Camry yang ditumpangi menabrak truk. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 03.40 WIB tadi Jalan Tol KM 315+200 A, Desa Petanjungan, Petarukan, Pemalang, Jateng.

Kabid Humas Polda Jateng, M Iqbal Alqudusy menjelaskan jika mobil yang ditumpangi Syabda melaju dari barat ke timur di lajur kiri dengan kecepatan di atas rata-rata.

  1. Sopir Diduga Mengantuk

Mobil Camry itu dikemudikan ayah Syabda, Muanis. Polisi menduga jika sopir Camry dalam kondisi mengantuk sehingga membentur kendaraan bermotor truk Nopol AG 8711 V yang melaju searah di depannya.

  1. Ibu Syabda Meninggal Dunia

    Syabda dan ibunya (Twitter)

Dalam kecelakaan maut tersebut, Syabda dan ibunya Anik Sulistyowati meninggal dunia, sedangkan korban lain dievakuasi ke RSI Al Ikhlas Pemalang. Ibu Syabda meninggal dunia di lokasi kejadian, sementara itu Syabda meninggal dunia saat dirawat.

  1. Meninggal di Rumah Sakit

Polisi Menjelaskan jika Syabda meninggal setelah menjalani perawatan. Syabda mengalami luka robek kepala sebelah kiri dan cedera kepala berat.

  1. Tiga Korban Selamat

Sementara itu, ayah Syabda hanya mengalami luka lecet di pelipis. Kemudian saudara Syabda, Diana Sakti Anistyawati mengalami luka memar mata sebelah kanan. Sementara itu, Tahta Bathari Cahya mengalami luka di kakinya.

Selain profil Syabda Perkasa Belawa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi