FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali, PSSI Kelabakan Cari Solusi

| 26 Mar 2023 19:20
FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali, PSSI Kelabakan Cari Solusi
Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga. (Tangkap layar)

ERA.id - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah sibuk mencari solusi agar tak dikucilkan dari dunia sepak bola internasional. Hal ini buntut dari batalnya agenda drwaing Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memutuskan membatalkan agenda drawing di Bali lantaran sikap Gubernur Bali Wayan Koster yang menolak kehadiran Tim Nasional (Timnas) Israel.

"Saat ini kami sedang memikirkan cara bagaimana supaya Indonesia khususnya sepak bola Indonesia di dunia tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepak bola," kata Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (26/3/2023).

Menurutnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat ini tengah berkoodinasi dengan Kementerian Luar Negeri selaku penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri Indoensia, kemudian Kementerian Pemuda dan Olahraga selaku penanggung jawab pelaksaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Demikian juga Pak Ketua umum akan melaporkan ke Pak Presiden Pak Jokowi terkait proses-proses ini dan mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia yang kita cintai," kata Arya.

Staf Khusus Menteri BUMN itu mengimbau kepada seluruh pecinta sepak bola di Indonesia untuk menahan diri, sebab saat ini PSSI tengah fokus mencari solusi yang terbaik.

PSSI memahami, sangat sulit memisahkan antara politik dan olahraga.

"Kami berharap dan memohon kepada semua pecinta sepak bola Indonesia yang mau sepak bola kita maju, untuk tetap tenang," imbaunya.

"Kami akan mencoba mencari solusi dan bisa berbicara dengan FIFA dalam waktu dekat. Karena kekhawatiran kita, kita akan dikucilkan dari ekosistem sepak bola di dunia," kata Arya.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah menuai pro-kontra. Beberapa pihak di Indonesia mengecam Israel karena konfliknya dengan Palestina.

Salah satu pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel yaitu Gubernur Bali Wayan Koster

Kehadiran Israel pun menjadi pembicaraan hangat publik. Sebagian pihak menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Terdapat enam stadion yang disiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 di Indonesia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Rekomendasi