Legenda Sepak Bola Italia Dirumorkan Akan Jadi Direktur Teknik Persita Tangerang

| 28 May 2023 12:14
Legenda Sepak Bola Italia Dirumorkan Akan Jadi Direktur Teknik Persita Tangerang
Legenda klub sepak bola Inter Milan dan tim nasional Italia, Walter Zenga.

ERA.id - Legenda klub sepak bola Inter Milan dan tim nasional Italia, Walter Zenga, dirumorkan akan didatangkan dan menjadi direktur teknik klub Liga 1 Persita Tangerang.

Hal itu usai dicuitkan oleh jurnalis Sky Sport asal Italia, Gianluca Di Marzio dalam akun Twitter pribadinya pada Minggu (28/5/2023).  

"Mantan penjaga gawang legendaris Italia Walter Zenga akan menjadi direktur teknik baru klub Indonesia Persita Tangerang mulai 1 Juli 2023," cuitnya dikutip ERA dari akun @DiMarzio, Minggu (28/5/2023).

Di Marzio juga mengatakan ada peran Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam perekrutan Walter Zenga yang diharapkan dapat memberi pengetahuan dan pengalamannya untuk liga Indonesia.

“Presiden Persatuan Sepakboka Indonesia, Erik Thohir ingin dia bergabung dan membawa ilmu dan pengalamannya ke liga,” lanjut Di Marzio.  

Secara tidak langsung, Erick ingin Walter Zenga memberi dampak positif terhadap perkembangan Liga Indonesia, terlebih mulai musim depan khusus Liga 1 akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Kabar itu tentu cukup mengejutkan publik. Jika itu benar, tentu hal tersebut bisa memberi pengaruh besar untuk Persita Tangerang. Lebih jauh, Walter Zenga juga bisa berbagi ilmu dengan klub Liga Indonesia lainnya.

Sebelumnya, Zenga juga sudah diundang Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Persita untuk berkunjung ke Tangerang bersama mantan bek Liverpool dan tim nasional Portugal Abel Xavier pada Selasa (28/3/2023) lalu.  

Presiden Klub Persita Tangerang, Ahmed Rully Zulfikar mengungkapkan maksud kedatangan mereka adalah untuk berdiskusi soal pembangunan klub. "Saya dan Pak Bupati memiliki visi yang jauh ke depan untuk memasukan sepak bola Indonesia," ujar dia dikutip dari laman resmi klub.

"Artinya apa yang kami diskusikan dengan dua legenda sepak bola dunia ini adalah untuk pembangunan klub secara menyeluruh. Seperti sistem di klub Eropa, kami harus bisa berpikir jangka panjang dan untuk masa depan," tambahnya.

Saat itu, Rully mengatakan diskusi dengan Zenga dan Xavier masih dalam tahap awal. Adapun beberapa hal yang menjadi pembicaraan terkait dengan sistem sepak bola Indonesia, hingga regenerasi pemain.

"Walter Zenga berteman dekat dengan Pak Zaki, sementara Abel sempat bertemu dengan saya saat berada di Lisbon, Portugal. Saya sendiri melanjutkan diskusi dengannya," tutur Rully.  

"Selanjutnya jika sudah mendapat titik temu, tentu saya akan lebih lanjut," tukasnya.

Sebagai informasi, Walter Zenga merupakan kiper legendaris Timnas Italia yang sudah dilakoni 58 caps bersama Timnas Italia.

Sementara di level klub, ia lama bermain untuk Inter Milan. Walter Zenga merupakan produk akademi Inter Milan.

Dirinya pun memulai karier profesionalnya sejak 1977. Sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, Walter Zenga baru benar-benar meninggalkan Inter Milan pada 1994.

Sebagai pemain, ia pernah mempersembahkan satu trofi Liga Italia, Piala Super Italia dan dua dua Piala UEFA (Liga Eropa) untuk Inter Milan. Setelah pensiun, ia mendalami karier kepelatihan.

Ia sempat jadi pelatih Sampdoria, Wolverhampton Wanderers, hingga Cagliari. Kini pria 63 tahun itu belum melatih klub manapun sejak keluar dari Cagliari pada Agustus 2020.

Di lain hal, PSSI juga tengah mencari Direktur Teknik menggantikan Indra Sjafri. Namun sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan mengisi posisi jabatan itu.

Rekomendasi