Profil Emi Martinez Kiper Argentina Peraih Golden Glove, Gandeng Jan Ethes saat Lawan Indonesia

| 20 Jun 2023 16:04
Profil Emi Martinez Kiper Argentina Peraih Golden Glove, Gandeng Jan Ethes saat Lawan Indonesia
Emiliano Martinez (Twitter)

ERA.id - Emiliano Martinez menjadi salah satu pemain papan atas yang diturunkan oleh Argentina dalam laga melawan Indonesia. Kiper yang mendapat Golden Glove pada Piala Dunia 2022 tersebut mendapat sorotan karena menggandeng Jan Ethes cucu Presiden Jokowi. Seperti apa profil Emi Martinez?

Dalam laga Argentina vs Indonesia yang digelar di Gelora Bung Karno pada Senin (19/6), Emiliano Martinez keluar dari lorong dengan menggandeng Jan Ethes. Emilio Martinez menjalani sesi FIFA matchday tersebut dengan tampil gemilang di bawah mistar. 

Emiliano Martinez berhasil mengamankan gawangnya dari tembakan pemain Indonesia hingga akhirnya Argentina berhasil menang dengan skor 2-0. Banyak pecinta bola yang penasaran dengan profil Emi Martinez sebagai kiper terbaik dalam Piala Dunia Qatar tahun lalu. 

Profil Emi Martinez

Emiliano Martinez lahir di Mar del plata, Argentina, pada 2 September 1992. Pemain berperawakan tinggi 195 tersebut menjalani karier sepak bola sebagai kiper. Ia sudah menikah dengan seorang wanita dan memiliki dua orang putra dan satu putri. Emi Martinez sudah menyukai sepak bola sejak usia belia. 

Emiliano Martinez mengawali karier di dunia sepak bola dengan bergabung ke klub pemuda CA Independent tahun 2008. Setelah mengembangkan bakatnya bersama CA Independent, Emi Martinez memutuskan terbang ke London untuk masuk ke Arsenal FC pada tahun 2010. 

Emiliano Martinez (Twitter)

Perjalanan Karier Emi Martinez

Emiliano Martinez pernah berseragam Arsenal dari tahun 2012 hingga 2020. Ia kemudian pindah untuk membela Aston Villa dari tahun 2020 hingga sekarang. Saat berada di The Gooners, Emi Martinez pernah beberapa kali dipinjamkan kepada klub lain. 

Emiliano Martinez pernah menjadi kiper klub Oxford United pada tahun 2012. Pada tahun 2013-2014, ia bermain untuk Sheffield Wednesday. Pada tahun 2015, ia dipinjamkan ke Rotherham United. Tahun 2015-2016, ia tampil bersama Wolverhampton Wanderers. Dari tahun 2017-2018 ia merasakan atmosfer Liga Spanyol dengan menjadi kiper klub Getafe. Pada tahun 2019, ia kembali ke Liga Inggris untuk merumput bersama Reading. 

Emiliano Martinez juga diandalkan untuk memperkuat Timnas Argentina dalam kompetisi internasional. Emi Martinez sudah bermain membela Tim Tango sejak tahun 2009. Ia pernah menjadi kiper Argentina U17, Argentina U20, dan Timnas Argentina Senior dari tahun 2021. 

Prestasi Emi Martinez

Emiliano Martinez termasuk salah satu kiper yang memiliki karier gemilang. Emi Martinez pernah menerima sejumlah penghargaan atas penampilan memukaunya di depan jaring gawang. Berikut sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh Emi Martinez:

  • World Cup Winner (2022)
  • Copa America Winner (2020-2021)
  • English FA Cup Winner (2020, 2017)
  • Conmebol UEFA Cup of Champions Winner (2021/2022)
  • English Super Cup Winner (2021)

Dalam ajang Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar, Emiliano Martinez terpilih sebagai penerima penghargaan Golden Glove. Emi Martinez menjadi kiper terbaik setelah mengantarkan Argentina melangkah ke babak final dan menyabet gelar juara. 

Emiliano Martinez mampu tampil agresif dan responsif dalam mengamankan gawang Timnas Argentina dari serangan lawan. Emi Martinez berhasil membuat striker dan pemain depan dari negara lain kesulitan mencetak gol. Ia juga berhasil menepis tendangan-tendangan lawannya saat adu penalti. 

Demikianlah profil Emi Martinez dan perjalanannya kariernya di dunia sepak bola. Emi Martinez merupakan kiper terbaik yang dimiliki oleh Argentina saat ini. Namanya semakin kondang setelah berhasil membawa Argentina meraih juara Piala Dunia 2022. Pria berusia 30 tahun ini dikenal sebagai kiper yang punya reflek baik dan cepat dalam menahan bola. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi