Apa Itu Voli SEAVA Grand Prix? Berikut Format, Daftar Peserta, & Juara

| 17 Jul 2023 18:10
Apa Itu Voli SEAVA Grand Prix? Berikut Format, Daftar Peserta, & Juara
Timnas Voli Putra Indonesia (Foto: AVC Volley)

ERA.id - Voli SEAVA Grand Prix adalah turnamen bola voli yang diinisiasi The Southeast Asian Volleyball Association (SEAVA), yang diikuti oleh 4 negara Asia Tenggara. Adapun tim peserta di SEAVA Grand Prix edisi 2023 antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.  

Meskipun berstatus turnamen resmi dari SEAVA yang menjadi organisasi regional di bawah AVC dan FIVB, hasil pertandingan SEAVA Grand Prix tidak memberikan pengaruh terhadap perhitungan peringkat bola voli FIVB. SEAVA Grand Prix 2023 akan menjadi edisi perdana turnamen voli putra. Sedangkan untuk kategori voli putri, sejak tahun 2019, kejuaraan ini sudah pernah diselenggarakan sebanyak 3 kali.

Thailand merupakan tim paling sukses di SEAVA Putri dengan koleksi 3 gelar juara. Sementara Tim Indonesia tercatat 1 kali yang mencapai runner up, serta 2 kali meraih peringkat 3. SEAVA Grand Prix 2023 akan jadi edisi ke-4 untuk kategori putri, dan edisi pertama untuk voli putra. Turnamen ini digelar dalam 2 series, yaitu di Indonesia pada tanggal 21-23 Juli, dan di Filipina pada tanggal 28-30 Juli 2023.

Timnas Voli Putra Indonesia akan main di SEAVA Grand Prix 2023 (Foto: AVC Volley)

Bagaimana Format SEAVA Grand Prix 2023?

SEAVA Grand Prix 2023 akan diikuti oleh 4 tim, antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Mereka akan saling berhadapan dengan format kompetisi penuh, dan bermain sebanyak 6 kali pertandingan. Karena tim voli putra Thailand berhasil meloloskan diri ke putaran final FIVB Challenger Cup 2023 (juga diselenggarakan akhir Juli), komposisi pemain Thailand bisa jadi akan berubah atau bahkan batal mengikuti SEAVA 2023.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi terkait keikutsertaan Thailand di SEAVA Grand Prix 2023. Setelah menyelesaikan format laga kompetisi, 2 tim teratas di klasemen akan bertemu kembali di final SEAVA Grand Prix 2023 untuk memperebutkan gelar juara. Selanjutnya tim peringkat 3 dan 4 akan diadu untuk menentukan juara 3.  

Jika tim voli putra Thailand absen dari SEAVA 2023, maka playoff juara 3 dapat dibatalkan dan hanya akan menggelar laga final selepas babak reguler. Di sisi lain, kategori voli putri berpeluang tidak ada perubahan dari 3 edisi sebelumnya. Empat tim tetap diagendakan melakoni 6 laga babak reguler, lalu playoff diisi perebutan juara 3 dan final.

Daftar Peserta SEAVA Grand Prix 2023 dan Negara yang Paling Unggul

SEAVA Grand Prix 2023 diikuti 4 negara: Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, yang berpartisipasi untuk sektor putra dan putri. Meskipun berstatus turnamen ASEAN, tetapi tidak ada negara Asia Tenggara lain yang ikut bergabung dalam turnamen ini.

Pada kategori voli putri, dari 3 edisi, Thailand merupakan tim paling sukses dengan 3 kali gelar juara SEAVA Grand Prix. Sementara untuk kategori putra, SEAVA Grand Prix 2023 akan menjadi edisi perdana, sehingga belum ada tim yang pernah keluar sebagai juara.

Walaupun berstatus kompetisi antar tim nasional, beberapa peserta dalam praktiknya ada yang mengirim klub untuk mengambil bagian di SEAVA Grand Prix. Indonesia mengirim tim utama Bandung BJB Tandamata, dengan ditambah beberapa pemain yang berasal dari klub lain.  

Demikianlah ulasan mengenai voli Seava Grand Prix, kejuaraan voli bergengsi yang diikuti 4 negara Asia Tenggara.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi