Ketum PSSI Erick Tohir Tunjuk Frank Wormuth untuk Jadi Konsultan Pelatih U-17

| 23 Jul 2023 21:19
Ketum PSSI Erick Tohir Tunjuk Frank Wormuth untuk Jadi Konsultan Pelatih U-17
Ketua Umum PSSI, Erick Tohir. (Amalia/ERA)

ERA.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan telah menunjuk Frank Wormuth untuk konsultan pelatih tim U-17. Pelatih asal Jerman ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim U-17 Indonesia menuju FIFA World Cup bulan November mendatang.

Sosok Frank Wormuth ini sebelumnya pernah melatih FC Groningen, Belanda dan pernah menjadi manajer Timnas Jerman U-20 pada tahun 2010 hingga tahun 2016 lalu. Dengan dipanggilnya Frank Wormuth ini menjadi awal dari keinginan PSSI membentuk sekaligus mendesain pola dan strategi karakter sepak bola di Indonesia di masa depan.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang mendampingi Coach Bima Sakti," kata Erick di sela meninjau seleksi Piala Dunia U-17 di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (23/7/2023).

Rencananya Wormuth akan dikontrak selama empat bulan hingga perhelatan Piala Dunia U-17 bulan November mendatang. Namun kinerjanya akan dilihat lebih lanjut, khususnya dalam kolaborasi dengan Bima Sakti, pelatih Timnas U-17 Indonesia.

"Kita lihat bagaimana kolaborasi keduanya," katanya.

Selama kontrak empat bulan ini Frank akan melakukan pentahapan untuk membangun timnas U-17. Sebab Timnas Indonesia akan bersaing dengan 24 negara lainnya di Piala Dunia U-17.

Erick merinci pekerjaan yang dilakukan yakni mulai dari analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih U-17.

"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih," katanya.

Rekomendasi