Profil Aldi Satya Mahendra, Pembalap Indonesia yang Memenangkan WorldSSP 300 di Republik Ceko

| 31 Jul 2023 15:05
Profil Aldi Satya Mahendra, Pembalap Indonesia yang Memenangkan WorldSSP 300 di Republik Ceko
Kemenangan perdana Aldi Satya dalam WorldSSP300 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko (antaranews)

ERA.id - Profil Aldi Satya Mahendra menarik perhatian masyarakat setelah berhasil memenangan World Supersport (WorldSSP) 300 di Republik Ceko. Pembalap asal Indonesia ini keluar sebagai pemenang dalam seri kelima di Ceko.

Dia menjadi pembalap tercepat dalam dua ronde balapan. Dia mengalahkan Jose Manuel Osuna Saez dengan selisih waktu tipis, 0,169 detik. Untuk lebih mengenal Aldi Satya, simak informasi berikut yang dirangkum Era.id dari berbagai sumber.

Profil Aldi Satya Mahendra

Aldi Satya Mahendar adalah pemuda asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dia lahir pada 27 Juni 2006, dengan kata lain usianya saat ini masih 17 tahun.

Sejak mengikuti ajang balap pada 2015, sudah banyak prestasi yang dia raih. Pada 2019, dia mengikuti Asia Road Racing Championship.

Aldi Satya Mahendra (Instagram @aldihendra_57)

Beberapa prestasi yang telah dia catatkan adalah juara 1 ARRC Round 4 Suzuka International Circuit, juara 3 ARRC Round 5 Zhuhai International Circuit, juara 3 ARRC Round 6 Sepang International Circuit, dan duduk di posisi 6 klasemen akhir.

Pada 2021, Aldi Satya menjadi juara nasional novice (pemula) dalam Kejurnas OnePrix 2021. Beberapa bulan lalu dia memenangkan kompetisi R3 bLU cRU European Cup. Dia menjadi pembalap asal Indonesia pertama yang berhasil memenangkan kompetisi balap motor tersebut.

Kompetisi OMR Yamaha R3 tersebut dilsaksanakan untuk seri ketiga di sirkuit Misano, Italia (3-4/6). Di sana, Aldi Satya berhasil dua kali podium.

Dia juga pernah mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sebagai pembalap profesional level Eropa melalui program Yamaha VR46 Master Camp di Tavullia, Italia. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan metode pelatihan fisik yang baik bagi atlet balap.

Berbagai jenis pelatihan dia ikuti, seperti fisio gym, flat track di Motor Ranch Tavullia, soft cross, e-sport session, track session, mini supermoto, R3 Session di Galliano Park, dan sebagainya. Dia dilatih oleh para instruktur profesional sehingga mendapatkan kemampuan yang lebih baik dalam memacu kuda besi.

Dia bahkan sempat mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan para mega bintang MotoGP, salah satunya Valentino Rossi. Hal tersebut menjadi momen untuk mendapatkan motivasi lebih dalam bidang balap motor. 

Rekomendasi