Pengaruh Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi Usai Pindah ke Al Nassr

| 29 Aug 2023 18:15
Pengaruh Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi Usai Pindah ke Al Nassr
Cristiano Ronaldo berseragam Al Nassr (Reuters)

ERA.id - Pengaruh Cristiano Ronaldo di Liga Arab sangatlah besar, setidaknya dalam hal keuangan. Kepindahan Ronaldo dari Manchester United ke Al Nassr membuat kompetisi sepak bola Arab meraup untung besar.

Kepala operasional Liga Arab Saudi, Carlo Nohra, menjelaskan bahwa salah satu keuntungan terbesar diperoleh dari hak siar penyelenggaran pertandingan. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh Ronaldo yang punya banyak sekali fan dari seluruh penjuru dunia.

Pengaruh Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi

Nohra mengatakan, kehadiran Ronaldo di berpengaruh besar terhadap liga Arab Saudi. Menurutnya, Ronaldo membantu operator Liga Arab Saudi mendapatkan keuntungan hingga 650 persen. Capaian tersebut tak terlepas dari hak siar kompesisi. Sebanyak 140 negara mengambil hak siar kompetisi liga Arab Saudi sehingga liga tersebut mendapatkan banyak sekali keuntungan.

“Menandatangani Cristiano Ronaldo untuk bermain di Arab Saudi membantu menyiarkan kejuaraan tersebut ke 140 negara dan meningkatkan pendapatan liga sebesar 650 persen,” terang Nohra, dilansir Sportskeeda, Selasa (29/8/2023).

Ronaldo bersama Al Nassr menangkan Arab Club Champions Cup (Reuters)

Dia menerangkan, klub-klub liga Arab Saudi telah membakar uang untuk mendatangkan pemain-pemain bintang. Hal ini dilakukan bukan untuk jangka pendek, tetapi jangka panjang.

“Ini bukanlah sesuatu yang kami harapkan akan terjadi dalam semalam. Ini bukan acara satu minggu, ini adalah proyek jangka panjang, dan semua orang menerima bahwa itulah yang diperlukan,” terangnya.

“Dan hal ini bukan sekedar membuang-buang uang dan hal itu akan terjadi. Hal ini memastikan bahwa kita melakukan semua hal yang benar untuk menyatukan segalanya, semua orang, dan ekosistem,” tandas Nohra.

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Liga Arab Saudi

Cristiano Ronaldo membuat penggemar sepak bola dunia terkejut saat memutuskan pindah ke Al Nassr pada awal 2023. Perannya di Manchester United memang sudah tidak begitu berarti, usianya pun sudah tidak muda. Namun, memilih liga Arab Saudi adalah hal yang mengejutkan.

Pilihan tersebut sebenarnya cukup realistis. Di usianya yang hampir kepala empat, Ronaldo tak perlu lagi mengejar capaian prestise tingkat dunia. Berbagai penghargaan dan rekor telah dia torehkan selama merumput di Eropa.

Kemudian, kenapa liga Arab Saudi? Dalam jumpa pers pertamanya pada awal Januari 2023, Ronaldo mengaku pindah ke Al Nassr karena ingin terus mencetak gol dan menang.

“Saya tidak peduli apa yang orang katakan. Saya datang ke sini untuk terus mencetak gol dan menang,” ungkap Ronaldo, dikutip Era.id dari Daily Post.

Menurutnya, sepak bola di Arab Saudi telah mengalami perubahan dalam 15 tahun terakhir. Baginya, saat ini kondisinya jauh lebih baik.

“Arab Saudi mengalahkan Argentina, sang juara, yang menunjukkan peningkatan mereka,” ungkap megabintang ini.

Pernyataan Ronaldo yang menyebut tidak peduli terhadap pendapat orang lain soal kepindahannya terbilang menarik. Seorang megabintang tentu harus dibayar mahal untuk bermain di sebuah klub.

Hal ini memang tak disinggung oleh Ronaldo, tetapi Ronaldo faktanya dia memang mendapatkan gaji fantastis untuk bermain di Al Nassr. Klub Arab Saudi itu membayar 174 juta pounsterling per tahun atau sekitar Rp3.214.895.000.000 (Rp3,2 triliun). Dengan kata lain, Ronaldo mendapatkan gaji sekitar Rp133 ribu per detik. 

Rekomendasi