Berapa Bayaran Marshal MotoGP Mandalika? Ternyata Segini!

| 17 Oct 2023 08:25
Berapa Bayaran Marshal MotoGP Mandalika? Ternyata Segini!
Ilustrasi Marshal. (Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi)

ERA.id - Salah satu ajang balap motor yang paling bergengsi di dunia dan memadukan teknologi canggih, kecepatan, dan kerja tim yang sangat terkoordinasi adalah MotoGP Mandalika. Tahukah Anda, ada peran di balik layar yang juga sangat penting. Mereka bekerja keras untuk memastikan kelancaran dan keselamatan jalannya acara. Mereka adalah para marshal. Namun, berapa bayaran marshal MotoGP Mandalika?

Fungsi Penting Seorang Marshal di MotoGP

Marshal merupakan elemen penting dalam setiap ajang balapan MotoGP. Tugas mereka tentunya tidak bisa dianggap sepele, sebab mereka mengemban tanggung jawab besar dalam memastikan keamanan para pembalap dan mengupayakan jalannya balapan dengan aman dan selamat. Keberadaan mereka tersebar di sejumlah titik kritis pada lintasan untuk mengantisipasi dan menyelesaikan insiden sesegera mungkin.

Ilustrasi tugas marshall sirkuit MotoGP (Dok. MotoGP)

Bayaran Marshal MotoGP Mandalika

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya berapa bayaran yang didapatkan oleh para marshal untuk tugas yang penuh risiko dan tanggung jawab. Dilansir dari sebuah sumber, disebutkan bahwa para marshal dibayar sebesar Rp150 ribu per hari untuk melakukan pekerjaan mereka selama sekitar 11 jam. Jika dibandingkan dengan pekerjaan pada umumnya, bayaran ini mungkin terlihat murah. Namun, menjadi seorang marshal MotoGP tentunya tidak hanya tentang uang, melainkan juga tentang pengalaman dan dedikasi terhadap olahraga balap motor ini.

Seorang marshal fireman, Abraham Steven Hok, misalnya menyebutkan bahwa tugasnya yaitu membantu memadamkan api saat terjadi insiden di lintasan yang dapat mengakibatkan motor pebalap terbakar. Sedangkan profesi marshal ini tergolong sebagai pekerja lepas atau freelancer, dan mereka tidak hanya memiliki satu latar belakang pekerjaan.

Misalnya Abraham, yang juga pada hari-hari biasa menjadi staf keamanan di kantor, datang dari Bali dan mengambil cuti selama 5 hari untuk menjadi seorang marshal di MotoGP Mandalika. Walaupun menjalankan tugas yang tidak mudah, ia merasa sangat senang karena dapat menyaksikan secara langsung para pebalap MotoGP dan berbagi pengalaman dengan mereka.

Persiapan dan Pelatihan yang Diberikan

Tahukah Anda, menjadi seorang marshal MotoGP ternyata bukanlah hal yang sederhana. Para calon marshal harus terlebih dahulu mendaftarkan diri mereka dan menjalani serangkaian tes dan juga wawancara. Mereka juga wajib melewati pelatihan yang ketat, termasuk pelatihan dalam menggunakan alat pemadam kebakaran (APAR) serta aspek-aspek penting yang lain.

Marshal juga wajib mempunyai pengetahuan dan keterampilan khusus untuk mengantisipasi situasi darurat di lintasan. Mereka harus mampu mengidentifikasi arah angin dan memahami bagaimana cara menangani insiden-insiden yang berpotensi terjadi selama balapan berlangsung.

Jumlah nominal yang dibayarkan untuk marshal di MotoGP Mandalika mungkin tidak sebesar yang banyak orang bayangkan, tetapi mereka menjalani tugas penting yang memerlukan dedikasi dan keterampilan khusus. Mereka merupakan bagian integral dari tim yang menjadikan MotoGP Mandalika sebagai acara balap motor yang sukses dan aman untuk semua pembalap dan penonton. Mereka mungkin tidak menerima bayaran besar, tetapi pengalaman yang mereka terima dan dedikasi mereka terhadap olahraga ini menjadi hal yang tak ternilai harganya.

Demikianlah ulasan tentang bayaran marshal MotoGP Mandalika, salah satu peran penting di balik acara penting tersebut.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi