Daftar Pemenang Ballon d’Or 2023 dan Trofi Bergengsi Lainnya

| 31 Oct 2023 15:05
Daftar Pemenang Ballon d’Or 2023 dan Trofi Bergengsi Lainnya
Peraih Ballon d'Or 2023 dan peringkat kedua (Marca)

ERA.id - Acara penganugerahan Ballon d'Or 2023 dilaksanakan di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis pada Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. Lionel Messi jadi peraih Ballon d’Or 2023 atau pemain terbaik dunia.

Selain trofi yang diraih Messi, ada sejumlah nominasi lain yang dibacakan dalam acara yang dipandu oleh Didier Drogba itu. Berikut ini adalah daftar pemenang Ballon d’Or 2023.

Daftar Pemenang Ballon d’Or 2023

  • Ballon d’OR – Lionel Messi

Pemain Inter Miami ini berhasil mengangkat trofi Ballon d'Or kedelapannya. Lionel Messi berhasil meraih Ballon d’Or setelah mengungguli Erling Haaland dan Kylian Mbappe, yang masing-masing ada di peringkat kedua dan ketiga.

Di bawah mereka, berturut-turut ada nama Kevin de Bruyne (keempat), Rodrigo Hernández Cascante (kelima), Vinicius Jr. (keenam), Julian Alvarez (ketujuh), Victor Osimhen (kedelapan), Bernardo Silva (kesembilan), dan Luca Modric (kesepuluh).

  • Ballon d'Or Feminin 2023 – Aitana Bonmati

Penghargaan Ballon d’Or tidak hanya diraih pesepak bola pria. Di kategori wanita, trofi tersebut diraih gelandang Barcelona FC sekaligus timnas wanita Spanyol, Aitana Bonmati. Dia menjadi yang terbaik mengalahkan Sam Kerr dan Salma Paralluelo.

Bonmati berhasil membawa Barcelona Femeni menjuarai Liga Champions Wanita 2022/2023. Dia juga jadi pilar andalan Spanyol saat menjuarai Piala Dunia Wanita 2023.

  • Gerd Muller Trophy 2023 - Erling Haaland

Erling Haaland gagal meraih Ballon d’Or, tetapi berhasil menjadi striker terbaik dunia. Dalam malam penganugerahan, striker Manchester City dan timnas Norwegia ini mendapatkan trofi Gerd Muller Trophy 2023.

Sepanjang musim 2022/2023, jumlah gol Haaland sangat fantastis. Dia menjadi top scorer Liga Premier Inggris dan Liga Champions. Tak heran jika trofi ini diberikan kepadanya.

Haaland raih Gerd Muller 2023 (OneFootball)
  • Yachine Trophy 2023 - Emiliano Martinez

Emiliano Martinez, kiper Aston Villa dan timnas Argentina, mendapat predikat sebagai kiper terbaik dunia versi France Football. Dia mendapatkan tropi Yachine Trophy 2023.

Martinez menjadi salah satu sosok penting keberhasilan Argentina dalam Piala Dunia 2022. Meski permainan di klub juga bagus, Martinez hanya bisa mengantarkan Aston Villa duduk di posisi ketujuh Liga Premier Inggris.

  • Kopa Trophy 2023 - Jude Bellingham

Saat ini Jude Bellingham jadi perbincangan karena raihan gol yang spektakuler bersama Real Madrid. Gelandang muda ini bahkan sudah menarik perhatian sejak masih berseragam Borussia Dortmund.

Kopa Trophy merupakan penghargaan dari France Football untuk pemain muda terbaik di bawah 21 tahun. Nama penghargaan ini diambil dari legenda Prancis, Raymond Kopa. Diberikan sejak 2018, Bellingham jadi orang kelima peraih Kopa Trophy setelah Kylian Mbappe, Matthijs de Ligt, Pedri, dan Gavi.

  • Socrates Award - Vinicius Junior

Ada lagi penghargaan dari France Football yang jadi perhatian, yaitu Socrates Award. Ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pesepak bola atas kerja kemanusiaannya.

Peraih Socrates Award 2023 adalah bintang muda Real Madrid, Vinicius Junior. Dia meraih penghargaan tersebut karena mendirikan Instituto Vini Jr. membantu anak-anak di Brazil yang butuh bantuan dan berperan penting dalam kampanye melawan rasisme. Tahun lalu, penghargaan ini didapatkan oleh Sadio Mane.

  • Klub Terbaik

Manchester City diganjar predikat klub terbaik dunia 2023 oleh France Football. Ini bukan hal yang mengherankan sebab City berhasil menunjukkan prestasi yang spektakuler sepanjang musim 2022/2023.

Tim asuhan Pep Guardiola itu berhasil menjadi kampiun Premier League, Piala FA, Liga Champions, dan Piala Super Eropa. Mereka juga masih berpeluang mendapatkan trofi Piala Dunia Antarklub yang akan digelar pada Desember 2023.

Itulah daftar pemenang Ballon d’Or 2023. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi