Ini Syarat Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, GP Valencia Jadi Penentu

| 22 Nov 2023 22:00
Ini Syarat Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, GP Valencia Jadi Penentu
Francesco Bagnaia (Antaranews)

ERA.id - Keberhasilan Francesco Bagnaia tahun lalu tampaknya berlanjut di tahun ini. Bagnaia punya peluang besar menjadi yang kampiun MotoGP 2023. Syarat Francesco Bagnaia juara dunia adalah (minimal) finis di posisi kedua dalam seri terakhir.

Satu seri tersisa adalah GP Valencia, digelar Minggu, 26 November 2023. Hingga saat ini, Bagnaia masih memimpin klasemen. Setelah seri GP Qatar, pembalap Ducati Lenovo ini memiliki poin 437. Dia unggul 21 poin dari Jorge Martin yang ada di tempat kedua.

Dengan demikian, dia hanya butuh 17 poin lagi untuk jadi kampiun. Dan hal tersebut tergantung penampilan Bagnaia di Circuit Ricardo Tormo, Valencia.

Syarat Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023

Grand Prix (GP) Valencia 2023 akan berisi sprint race dan main race. Total poin maksimal yang dapat dikumpulkan pembalap adalah 37 poin. Maka, Jorge Martin harus memenangkan sprint race dan main race MotoGP Valencia 2023 untuk menjaga asa juara.

Sementara, jalan kampiun Bagnaia bisa lebih mulus. Kalaupun besok Martin memborong 37 poin, Bagnaia tetap jadi juara dunia MotoGP 2023 jika finis di posisi kedua, yaitu meraih 20 poin.

Martin memang masih punya peluang menjadi juara, tapi hal tersebut sangat bergantung pada penampilan Bagnaia di Valencia. Peluang Bagnaia jadi juara dunia MotoGP 2023 terlihat cerah saat GP Qatar.

Jorge Martin (kiri) dan Francesco Bagnaia (kanan) (Ducati Corse)

Di sana dia finis sebagai runner-up, kalah dari Fabio Di Gianantonio (Gresini Racing). Akan tatapi, 20 poin yang dia dapatkan cukup untuk memperlebar jarak dengan Martin yang finis di peringkat 10 (11 poin).

Sebelum GP Qatar, selisih poin dari kedua pembalap ini cukup tipis, yaitu 12 poin. Namun, saat ini mereka berdua terpaut 21 poin. Selisih mencolok ini membuat Bagnaia berpeluang besar jadi juara.

Dia bahkan bisa mengunci gelar juara di sesi sprint race. Syaratnya adalah Bagnaia finis terdepan, sedangkan Martin maksimal di peringkat ketiga. Pemenang sprint race akan mendapatkan tambahan 12 poin, sedangkan peringkat ketiga 7 poin. Dengan selisih 26 poin, Martin tidak akan bisa menjadi juara meski memenangkan main race dan Bagnaia gagal finis.

Jika Pecco gagal di sprint race, dia masih berpeluang jadi juara. Jika Martin memenangkan sprint race dan Bagnaia tak dapat poin, selisih poin keduanya menjadi 9 poin. Namun, Bagnaia tetap bisa jadi juara dunia MotoGP 2023 jika finis di peringkat tiga.

Di podium terakhir, Bagnaia akan mendapatkan tambahan 16 poin. Jika Martin yang memenangkan main race, dia akan mendapatkan 25 poin. Selisih keduanya menjadi nol. Namun, Pecco telah memenangkan 6 seri balapan, sedangkan Martin 5.

Adakah skenario lain agar Francesco Bagnaia juara dunia? Ada, yaitu Jorge Martin mendapatkan 37 poin (kemenangan sprint race dan main race), tapi Bagnaia finis di 5 besar, baik dalam sprint race maupun main race.

Posisi 5 besar sprint race diganjar 5 poin, sedangkan 5 besar main race akan mendapatkan 14 poin. Total poin 19 sudah cukup untuk membuat Bagnaia menjadi kampiun. Selisih poin keduanya memang menipis, tapi masih tersisa 3 poin.

Itulah beberapa syarat Francesco Bagnaia juara dunia MotoGP 2023. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi