Profil Francesco Bagnaia dan Perjalanan Karir Sang Juara MotoGP 2022

| 07 Nov 2022 15:25
Profil Francesco Bagnaia dan Perjalanan Karir Sang Juara MotoGP 2022
Francesco bagnaia (Twitter)

ERA.id - Ducati akhirnya kembali memiliki gelar Dunia MotoGP melalui upaya pembalapnya Francesco Bagnaia yang memukau. Berikut ini profil Francesco Bagnaia dan juga perjalan karirnya.

Francesco "Pecco" Bagnaia lahir pada 14 Januari tahun 1997 dan merupakan seorang pembalap yang berkompetisi di MotoGP untuk tim Ducati Lenovo. Dia adalah Juara Dunia MotoGP 2022 yang sebelumnya memenangkan Kejuaraan Dunia Moto2 2018.

Bagnaia memenangkan Moto2 dengan menyelesaikan delapan balapan selama musim itu. Perlu diketahui Pecco menjadi pembalap kedua dari akademi VR46 yang memenangkan gelar dunia setelah Franco Morbidelli pada tahun 2017.

Tidak diragukan lagi pencapaian puncak Pecco dalam olahraga, dilansir dari laman resmi MotoGP berikut lima momen teratas dari karirnya hingga saat ini.

  1. Momen Pecco Tahun 2016

Setelah berada di panggung Kejuaraan Dunia selama tiga musim sebelumnya, tahun 2016 menjadi momen Pecco jadi pembalap yang matang dengan galar gelar Moto3. Pecco mengklaim dari enam podium, dua di antaranya adalah kemenangan saat berkendara bersama tim Aspar.

Kemenangan pertama itu datang di Assen, di mana dia mengendarai mesin Mahindra-nya ke tangga teratas. Kemudian di GP Belanda 2016, Mahindra membuat babak baru dalam sejarah mereka setelah meraih kemenangan Kejuaraan Dunia pertama mereka di balapan Moto3.

Kemenangan Pecco yang kedua di Malaysia membuatnya dihargai dengan mendapatkan kesempatan untuk melakukan debutnya di mesin MotoGP pada Tes Valencia.

  1. Juara Dunia Perdana Tahun 2018

    francesco bagnaia pernah menjadi pembalap VR46 (Twitter)

Empat tahun yang lalu Pecco merayakan menjadi Juara Dunia Moto2 di Sepang. Saat itu Pecco berkendara dengan Tim Balap VR46 dan finis ketiga yang sudah cukup untuk membuatnya melewati garis melawan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) hingga memecahkan 300 poin.

Pembalap SKY Racing Team VR46 tersebut mengklaim Mahkota Kejuaraan Dunia Moto2 2018 dan mengucapkan selamat tinggal pada kelas menengah. Secara total, Pecco mencatat delapan kemenangan dan meraih empat podium dalam perjalanannya menuju kejayaan.

  1. Mengalahkan Marquez di MotorLand

Setelah pindah ke kelas utama pada tahun 2019, Bagnaia mengalami semua pasang surut dalam karirnya. Podium pertama datang pada 2020 di Misano, sebelum seminggu kemudian ia tersingkir.

Namun setelah nyaris meleset, kemenangan Pecco akhirnya datang pada tahun 2021. Waktu itu Marc Marquez mencoba tujuh manuver berbeda pada tahap penutupan di MotorLand, tetapi Pecco Bagnaia bertahan dan mengklaim kemenangan perdananya di MotoGP.

Pecco menahan keberaniannya untuk menahan serangan gencar dari Marc Marquez di lap terakhir. Ia mengalahkan Marquez pada tujuh kesempatan berbeda hingga meraih kemenangan MotoGP pertamanya.

Kemenangan Pecco memiliki efek domino, karena pebalap Italia itu meraih tiga kemenangan lagi dan naik podium di lima balapan terakhir dan meluncurkan gelar juara yang terlambat.

  1. Membuat sejarah Ducati

Begitu Bagnaia mendapatkan performa terbaiknya, dia hampir tak terbendung, setelah mengatasi inkonsistensi yang melanda paruh pertama musim.

Kemenangan berturut-turut di Assen, Silverstone, Red Bull Ring dan Misano memberi Pecco untuk meluncurkan comeback gelar 91 poin yang luar biasa. Kemenangan Pecco di GP San Marino juga merupakan momen tepat untuk mengambil poin maksimal.

  1. Pecco Bagnaia, Juara Dunia MotoGP

    francesco bagnaia mengakhiri puasa juara Ducati (Twitter)

Puncak karirnya telah datang akhir pekan ini di Valencia. Pecco telah unggul 17 poin di akhir musim. Dengan demikian, Pecco telah memberikan gelar pertamanya untuk Ducati sejak tahun 2007. Pecco juga tercatat telah menjadi Juara Italia pertama sejak Valentino Rossi pada tahun 2009.

Pecco telah mengakhiri 15 tahun penderitaan Ducati, dan meraih gelar MotoGP pertamanya dengan finis di Spanyol. Tujuh kemenangan dan tiga podium lainnya telah membantu Bagnaia mencapai puncak dengan sangat pantas. Selamat Peco!

Selain profil Francesco Bagnaia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi