Dituding Anti-Semit, Tim Basket Irlandia Tolak Jabat Tangan dengan Israel

| 10 Feb 2024 08:35
Dituding Anti-Semit, Tim Basket Irlandia Tolak Jabat Tangan dengan Israel
Tim basket Irlandia tolak jabat tangan tim Israel (Dok: instagram/basketball_ireland)

ERA.id - Tim bola basket nasional wanita Irlandia menolak untuk berjabat tangan dengan tim nasional wanita Israel menjelang pertandingan pertama kualifikasi EuroBasket Wanita 2025 di Riga, Latvia, pada hari Kamis (7/2/2024).

Bola Basket Irlandia, badan pengelola olahraga untuk Irlandia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tim tidak akan mengambil bagian dalam formalitas pra-pertandingan, termasuk berjabat tangan dengan Israel. Keputusan itu dilakukan menyusul tuduhan dari staf serta pemain Israel yang menyebut tim Irlandia sebagai bagian dari antisemitisme.

“Ini termasuk pertukaran hadiah, jabat tangan formal sebelum atau sesudah pertandingan, sementara para pemain kami akan berbaris untuk menyanyikan lagu kebangsaan di bangku cadangan kami, bukan di lapangan tengah. Basketball Ireland mendukung penuh para pemain kami dalam keputusan mereka,” bunyi pernyataan itu, dikutip CNN, Sabtu (9/2/2024).

Pada hari Rabu, pemain bola basket Israel Dor Sa’ar menyebut tim Irlandia “cukup antisemit,” dalam sebuah wawancara yang diposting di situs Asosiasi Bola Basket Israel.

“Sudah diketahui bahwa mereka cukup anti-Semit dan itu bukan rahasia lagi, dan mungkin itulah sebabnya diharapkan akan ada pertandingan yang kuat,” kata Sa’ar.

“Kami harus menunjukkan bahwa kami lebih baik dari mereka dan menang. Kami membicarakannya di antara kami sendiri. Kami tahu mereka tidak menyukai kami dan kami akan selalu meninggalkan segalanya di lapangan dan dalam pertandingan ini," sambungnya.

Sebelum tipoff, Irlandia berdiri di depan bangku tim untuk menyanyikan lagu kebangsaan sementara Israel berdiri di dekat lapangan tengah. Pemain tidak berjabat tangan. Israel kemudian mengalahkan Irlandia 87-57.

Usai pertandingan, pelatih kepala Israel Sharon Drucker mengatakan dia “belum pernah melihat hal seperti itu” dalam hidupnya.

“Saya sudah berkecimpung dalam olahraga selama bertahun-tahun, saya belum pernah melihat hal seperti itu dalam hidup saya,” kata Drucker.

“Tidak ada permainan di mana Anda tidak memberikan kelonggaran, berjabat tangan, dan saling memberi selamat. Mereka mengambil langkah tegas dan menerima hukuman hari ini," tambahnya.

Di sisi lain Sa’ar, yang melakukan debutnya di Israel, mengatakan dirinya tidak ingin terlibat dalam isu politik apapun. Tetapi kejadian itu dia jadikan motivasi dan kebanggaan tersendiri bisa menyanyikan lagu kebangsaan Israel.

"Saya tidak ingin terlibat dalam isu politik, namun hal ini memberikan dorongan dan motivasi, kami menyanyikan lagu kebangsaan dan bernyanyi dengan bangga, kami perlu menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kami adalah Israel dan kami akan tetap di sini," ujarnya.

Menurut Basketball Ireland, pelatih kepala Irlandia James Weldon mengatakan timnya “menunjukkan kedewasaan luar biasa dalam cara mereka menangani minggu yang sangat penuh tekanan.”

“Ini sulit bagi kami semua, tapi kami menjaganya tetap ketat dan tetap bersama dan yang bisa saya katakan adalah kami tidak mundur hari ini,” lanjut Weldon.

Weldon mengatakan dia “memilih” untuk tidak berbicara tentang apa yang terjadi sebelum pertandingan tetapi mengatakan tim tidak “terlibat dalam kegiatan pra-pertandingan sebagai akibat langsung dari komentar-komentar yang tidak beralasan dan tidak dapat diterima dari kubu Israel tentang para pemain kami.”

“Itu sangat mengecewakan, kami datang ke sini untuk bermain bola basket, kami ingin menang, tetapi pada kesempatan ini kami tidak mendapatkan hasil yang tepat,” tambah Weldon.

“Kami memiliki tiga debutan internasional di pertandingan ini, kami sedang membangun skuad, jadi ada hal positif yang bisa diambil dari pertandingan ini," pungkasnya.

Bola Basket Irlandia menghadapi seruan untuk memboikot pertandingan melawan Israel tetapi mengatakan mereka akan didenda hingga 86.000 USD (Rp1,3 miliar) oleh FIBA Eropa

"Jika mereka gagal memenuhi pertandingan melawan Israel, dengan denda tambahan sebesar 107.000 USD jika pertandingan kedua tidak dimainkan," bunyi pernyataan FIBA.

Bola Basket Irlandia juga akan dikeluarkan dari kualifikasi FIBA Women’s EuroBasket 2025 dan kampanye kualifikasi berikutnya dengan badan pengelola menyebutnya sebagai “larangan efektif lima tahun”.

Rekomendasi