Tunggal Putra Indonesia Dipastikan Meraih Emas di All England Open 2024

| 17 Mar 2024 17:35
Tunggal Putra Indonesia Dipastikan Meraih Emas di All England Open 2024
Foto kombo tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) dan Jonatan Christie dipastikan akan saling berhadapan satu sama lain pada babak final All England Open 2024, di Birmingham pada Minggu petang, (17/3/2024). (ANTARA/HO-PBSI/pri)_

ERA.id - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal merebut emas di gelaran All England Open 2024. Hal ini seolah jadi pembuka penantian selama 30 tahun.

Prediksi tersebut terungkap setelah melihat puncak turnamen bergengsi diisi oleh all Indonesian final yakni Anthony Sinisuka Ginting melawan Jonatan Christie. Partai puncak tunggal putra ini bakal digelar di Birmingham pada Minggu petang.

Dalam perjalanannya, Anthony Ginting melangkah ke babak final lebih dahulu setelah mengalahkan Christo Popov 19-21, 21-5, 21-11. 

Adapun Jonatan atau Jojo memastikan duel final tunggal putra Indonesia, setelah menyingkirkan Lakshya Sen dengan skor 21-12,10-21, 21-15.

Pertemuan dua atlet kebanggaan Indonesia pada babak final turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu terjadi setelah penantian panjang 30 tahun.

Terakhir kali laga all Indonesian final tunggal putra terjadi pada All England 1994, saat Hariyanto Arbi berhadapan dengan Ardy Bernardus Wiranata.

Kini, sejarah terulang dengan pertemuan Ginting dan Jojo yang akan melakoni laga final pertama mereka di All England.

Prestasi tiga kali beruntun all Indonesian final 

Pertemuan Ginting dan Jojo tidak hanya memutus penantian 30 tahun tunggal putra bertemu dalam laga final, namun prestasi itu juga meneruskan tradisi all Indonesian final ketiga secara beruntun dalam turnamen All England Open.

Pada tahun 2022, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menang atas Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Lalu, pada tahun berikutnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menang atas Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon di babak final ganda putra All England Open.

Pencapaian Ginting dan Jonatan di partai puncak pada turnamen prestisius itu turut mendorong peringkat dunia mereka pada pekan depan. Ginting bakal berada di peringkat tiga, sedangkan Jonatan kembali di posisi keenam.

Rekomendasi