Jersey Timnas Indonesia Erspo Ramai Kena Seruan Boikot, Begini Kronologinya

| 01 Apr 2024 16:45
Jersey Timnas Indonesia Erspo Ramai Kena Seruan Boikot, Begini Kronologinya
Jersey Tim Nasional (Timnas) Indonesia (Instagram)

ERA.id - Kemunculan jersey Tim Nasional (Timnas) Indonesia ramai kena seruan boikot. Warganet di X (sebelumnya Twitter) menyerukan boikot merek pakaian olahraga lokal, Erspo yang memproduksi jersey. Desainer Erspo dinilai "anti kritik" terkait kualitas jersey timnas.

Tagar #BoikotErspo hingga hari ini, Senin (1/4/2024) masih ramai digaungkan oleh warganet X. Terlebih, kontroversi terbaru terkait kepemilikan Erspo kembali muncul.

Sebelum seruan itu muncul, komentator sepak bola, Coach Justin alias Justinus Lhaksana mengkritik jersey terbaru Skuad Garuda. Menurut Coach Justin menilai desain jersey terbaru Timnas Indonesia keluaran Erspo tampak tidak eksklusif. Ia mengungkapkan pendapatnya melalui salah satu kanal YouTube.

"Logo ini (Garuda) kesannya ditempel doang. Enggak ada eksklusif-eksklusifnya sama sekali," ujar Coach Justin, dikutip Senin (1/4/2024).

Lebih lanjut, Coach Justin mengatakan bahwa logo Garuda yang terdapat di sisi dada Jersey tampak 'murahan'. Bahkan, pria berusia 56 tahun itu mengatakan bahwa harga yang dibanderol untuk jersey terbaru timnas, yakni Rp599 ribu untuk replika hingga Rp1,2 juta untuk kategori player issued terlalu mahal.

"Gue objektif, kerahnya lumayan. Paling kelihatan murah logonya. Kelihatan murahan banget," kritik Coach Justin.

Mendengar komentar itu, kabarnya desainer jersey Timnas Indonesia, Ernanda Putra yang tak terima dengan kritikan Coach Justin pun memberikan tanggapan melalui X. Tanggapan Ernanda inilah yang membuat warganet memutuskan untuk memboikot Erspo.

"Justin yang gue tahu cuman Justin Hubner, Timberlake, dan Bieber. Siapalah dia tiba-tiba jadi ngomongin desain. Sudah, lah, om. Lo urus saja hidupmu sendiri," tulis Ernanda (@ernandaputra).

"Namanya juga komentator. Kerjaannya, ya, cari panggung. Kalau enggak, enggak makan, dong, besok," imbuhnya dalam twit yang sudah dihapus tersebut.

Melihat tanggapan tersebut, emosi warganet pun muncul karena sang desainer dinilai anti kritik. Akibatnya, tagar #BoikotErspo pun menyebar di media sosial. Terlebih, tampilan jersey yang didesain Ernanda dinilai serupa dengan jersey klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool FC.

"Gak kebayang di gue @ernandaputra dididik di lingkungan seperti apa sampe gak mau sama sekali menerima kritik dan pendapat orang lain yang berbeda sama dia," komentar salah satu warganet X.

"Sebenarnya gaada masalah yang apa-apa banget sama jersey-nya, memakluminya sekali karena mereka baru di ranah "sport" khususnya jersey, tapi tanggapan dari @ernandaputra yang merasa dirinya sudah sangat sempurna membuat yang melakukan boikot kepada Erspo," tulis warganet lainnya sambil mencantumkan tagar dan foto #BoikorErspo.

"Modal niru aja songong banget," ujar warganet lainnya sambil mengunggah foto perbandingan antara jersey Timnas Indonesia dan Liverpool FC.

Melihat respons warganet atas sikapnya terhadap kritik dari Coach Justin, Ernanda pun melakukan permintaan maaf melalui pernyataan resmi yang diunggah melalui media sosial.

"Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, ya, teman teman.." tulis Ernanda melalui X.

"Dan terima kasih atas kritik juga sarannya. Semoga ke depannya saya dan @makna bisa berkontribusi lebih baik lagi," pungkasnya.

Rekomendasi