Media Korea Selatan Soal Kekalahan dari Timnas Indonesia: Bencana Sepak Bola

| 26 Apr 2024 15:40
Media Korea Selatan Soal Kekalahan dari Timnas Indonesia: Bencana Sepak Bola
Media Korea Selatan (instagram/shintaeyong7777)

ERA.id - Media Korea Selatan menyoroti kemenangan Timnas Indonesia melawan Korea Selatan dalam babak 8 besar Piala Asia U-23. Media Korea Selatan itu menyebut kekalahan Timnas Korea Selatan sebagai bencana.

Naver, media Korea Selatan, menyoroti kekalahan Timnas Korea Selatan dari Indonesia pada pertandingan yang digelar pada Jumat (26/4/2024) waktu setempat. Naver menyebut kekalahan itu sebagai bencana bagi sepak bola Korea Selatan.

"Terjadi bencana yang membuat sepak bola Korea Selatan tidak bisa berlaga di Olimpiade untuk pertama kalinya dalam 40 tahun," ujar jurnalis Naver, Jang Han-seo.

Jang kemudian menjelaskan bahwa Timnas Korea Selatan tidak pernah gagal melaju ke Olimpiade sejak 1988. Kegagalan ini menjadi ke-10 kalinya secara berturut-turut.

"Ini adalah kali pertama dalam 40 tahun sejak Olimpiade Los Angeles 1984, sepak bola Korea gagal lolos ke Olimpiade," ujarnya.

Selain menyoroti kekalahan Korea Selatan, Jang juga ikut mengomentari keberhasilan Shin Tae-yong dalam memimpin Timnas Indonesia. Di mana Shin Tae-yong berhasil membawa keajaiban bagi Indonesia dengan mengalahkan negaranya sendiri.

"Memimpin Timnas Indonesia (senior) dan Timnas U-23 sejak 2020, Shin Tae-yong melanjutkan keajaibannya dengan menenggelamkan Korea Selatan," katanya.

Lalu, kata Jang, PSSI yang memutuskan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong di detik-detik akhir pertandingan juga membawa semangat sendiri bagi pelatih 52 tahun itu.

Selain Naver, media Korea lainnya Yonhap, membagikan komentar soal pertandingan semalam. Media Yonhap menyoroti saat penalti Justin Hubner yang diulang oleh wasit berdasarkan tinjauan VAR.

"Tinjauan VAR menetapkan bahwa Baek Jong-beom telah melangkahkan kedua kakinya dari garis gawang sebelum Hubner melakukan tembakan, dan pemain Indonesia itu mendapat hadiah (penalti) ulang. Hubner tidak membuat kesalahan kali ini dan menjaga Indonesia tetap hidup," katanya.

Di sisi lain, Shin Tae-yong sebelumnya meminta maaf kepada warga Korea Selatan atas kekalahan negara asalnya. Shin mengaku sedih sekaligus senang dengan kemenangan tim yang dia latih.

"Jelas, saya merasa sangat senang. Namun, sebagian dari saya merasa sedih di dalam hati. Saat ini saya pelatih Timnas Indonesia U-23, jadi saya melakukan yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23," kata Shin.

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Korea Selatan digelar pada Jumat (28/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa. Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Korea Selatan dengan skor 2-2.

Korea Selatan sempat bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70, namun akhirnya bisa menyamai skor sebelum laga usai. Laga kemudian dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Rekomendasi