Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan: Ciptakan Momen Sejarah

| 26 Apr 2024 21:08
Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan: Ciptakan Momen Sejarah
Fakta kemenangan timnas indonesia atas korea selatan (antara)

ERA.id - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 menorehkan sejarah gemilang dengan mengalahkan raksasa Asia, Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Berikut fakta kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan.

Pertandingan antara Indonesia dan Korea Selatan berlangsung sengit di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, dan menjadi momen tak terlupakan bagi para pecinta sepak bola tanah air.

Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan

  1. Pertandingan Sengit

Pertandingan berlangsung alot dengan skor imbang 2-2 hingga akhir waktu normal dan babak tambahan. Kemudian diteruskan dengan drama adu penalti hingga Garuda Muda menunjukkan mental juara dengan skor akhir 11-10.

  1. Timnas Korea Selatan Gagal Lolos ke Olimpiade

Untuk Pertama Kalinya Sejak 1984, tim nasional sepak bola Korea Selatan absen dari turnamen sepak bola putra Olimpiade. Hal ini terjadi setelah mereka kalah adu penalti dari Indonesia pada babak perempat final Piala Asia U-23, Kamis (25/4).

  1. Ringkasan Pertandingan

Indonesia unggul terlebih dahulu melalui Rafael Struick pada menit ke-15. Hingga kemudian Komang Teguh mencetak gol bunuh diri untuk Korea Selatan pada menit ke-45, dan membuat skor imbang 1-1. Namun Struick kembali membawa Indonesia unggul sebelum turun minum.

Di babak kedua, Jeong Sang-bin menyamakan kedudukan untuk Korea Selatan pada menit ke-76, meski bermain dengan 10 pemain setelah Lee Young-jun mendapat kartu merah.

Hingga adu pinalti, Lee Kang-hee gagal memasukkan bola, sementara Pratama Arhan sukses menceploskan bola penentu kemenangan untuk Indonesia.

  1. Berebut Tiket Olimpiade Paris

Perlu diketahui, tim yang finis di peringkat keempat akan menghadapi Guinea dalam pertandingan playoff pada bulan Mei 2024 untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris.

Sementara itu, Kekalahan Korea Selatan atas Timnas membuat mereka gagal lolos ke Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 1980-an.

  1. Shin Tae-yong Gagalkan Negaranya Sendiri

Hebatnya, pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong membawa Indonesia meraih kemenangan, sehingga negaranya sendiri gagal lolos ke Olimpiade. Hal tersebut membuat nama Shin Tae-yong menjadi trending di media sosial X pada hari Jumat dini hari.

 Shin Tae-yong membawa Indonesia meraih kemenangan (Antara)

  1. Strategi yang Digunakan Shin Tae-yong

Indonesia menang secara taktik dan mental atas Korea Selatan. Menggunakan formasi 3-4-3, Indonesia melancarkan serangan cepat dan efisien ke Korea Selatan melalui umpan-umpan terobosan ke sisi yang tepat.

Selama menyerang, bek sayap Indonesia bergerak maju dan melebar di kedua sisi. Serangan kemudian berkembang bertahap dan cepat dalam formasi seperti 3-2-5.

Meskipun strategi Indonesia tidak secara langsung berdampak pada gol, namun umpan jauh bek tengah kiri Justin Houbner dan lemparan jauh bek sayap kanan Arhan dan bola mati menjadi sorotan dalam pertandingan ini.

  1. Timnas Terakhir di Olimpiade Tahun 1956

Atas kemenangannya dengan Korea Selatan, sekarang Timnas Indonesia bisa bersemangat karena peluang besar mereka untuk mencapai ajang olahraga dunia, setelah sebelumnya tersingkir oleh Uni Soviet di Olimpiade 1956 di Australia.

  1. Kalahkah Nomor 24 Peringkat Dunia

Indonesia yang berada di peringkat 134 dunia, ternyata berhasil menang melawan Korea Selatan yang kini berada di peringkat 24. Meskipun secara objektif kekuatan mereka jauh berbeda, namun Indonesia hanya perlu mencetak gol untuk memenangkan pertandingan.

Jepang mengalahkan Qatar di perpanjangan waktu 4-2 pada Kamis malam untuk mengakhiri peluang tuan rumah, sementara juara bertahan Arab Saudi akan melawan Uzbekistan dan Irak menghadapi Vietnam pada Jumat di perempat final lainnya.

Selain fakta kemenangan timnas indonesia atas korea selatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi