Korea Selatan Gagal Melaju ke Olimpiade, Mantan Pemain Bola Lee Chun-soo: Mereka yang Bertanggung Jawab Harus Mundur!

| 27 Apr 2024 17:31
Korea Selatan Gagal Melaju ke Olimpiade, Mantan Pemain Bola Lee Chun-soo: Mereka yang Bertanggung Jawab Harus Mundur!
Mantan pemain bola Lee Chun-soo (Dok: Istimewa)

ERA.id - Mantan pemain sepak bola Lee Chun-soo melayangkan kritik keras kepada pelatih Hwang Seon-hong atas kegagalan Timnas Korea Selatan ke Olimpiade Paris. Lee bahkan meminta pelatih Hwang mundur dari jabatannya.

Melalui kanal YouTube-nya, Lee Chun-soo mengkritik keras pelatih Hwang Seon-hong atas kekalahan Timenas Korea Selatan melawan Indonesia pada Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu. Lee meminta pelatih Hwang Seon-hong, Presiden Asosiasi Sepak Bola Korea Chung Mong-gyu, dan Ketua Asosiasi Sepak Bola Korea Jeong Hae-seong bertanggung jawab atas kekalahan itu.

"Ketiga orang tersebut, Pimpinan Chung Mong-gyu, Pimpinan Jeong Hae-seong, dan Direktur Hwang Seon-hong, benar-benar harus mengambil tanggung jawab," katanya, dikutip Sports Khan, Sabtu (27/4/2024).

Lee kemudian menyoroti cara bermaian Timnas Korea Selatan melawan Indonesia. Dia merasa sikap Timnas Korsel yang terlihat puas dengan adu penalti tidak boleh dilakukan. Lee bahkan meragukan skuad Timnas Korea Selatan yang berlaga hari itu adalah tim yang akan dibawa menuju Olimpiade.

"Kami tidak boleh puas hanya karena harus menjalani adu penalti dengan skor 2-2. Saya bertanya-tanya apakah penampilan ini benar-benar tim yang sedang mempersiapkan diri untuk Olimpiade,” ujarnya.

Timnas U-23 Korea yang dipimpin pelatih Hwang Seon-hong kalah 10-11 dalam adu penalti setelah bermain imbang 2-2 dalam perpanjangan waktu di perempat final Piala Asia U-23 Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) 2024 melawan Indonesia, Jumat (26/4/2024).

Gagal melaju ke final Olimpiade untuk ke-10 kalinya berturut-turut. Ini adalah ‘bencana’ lainnya bagi sepak bola Korea setelah tersingkirnya Jordan secara mengejutkan di perempat final Piala Asia di Qatar pada bulan Januari dan Februari.

Kritik pedas itu juga mengalir kepada Chung Mong-gyu, di mana dia menunjuk pelatih Hwang setelah memecat Jurgen Klinsmann pada Februari lalu.

“Saya meminta mereka untuk tidak melakukan ini karena takut akan hasil seperti ini, tapi Ketua Chung Mong-gyu harus bertanggung jawab penuh atas hal ini,” kritiknya keras.

Dia juga mengatakan bahwa Ketua Chung Mong-gyu membuat sepak bola Korea mundur. Hal ini lantaran Korea Selatan gagal melaju ke Olimpiade untuk pertama kalinya dalam 40 tahun.

"Apa yang telah dilakukan Ketua Chung Mong-gyu sejauh ini telah membuat mundur sepak bola Korea selama lebih dari 10 tahun. Ketua harus mengundurkan diri. Kami juga bertanggung jawab karena menggunakan orang yang salah,” katanya.

Lebih lanjut, Lee meminta siapa pun yang sudah merusak masa depan sepak bola Korea Selatan harus mundur dari jabatannya.

“Hanya dengan cara ini kita dapat memiliki masa depan lagi. Mereka yang telah merusak masa depan sepak bola Korea harus berhenti," pungkasnya.

Rekomendasi