5 Gen Z yang Digadang Bersinar di Piala Eropa 2024, Nomor Akhir Masih Remaja

| 21 Jun 2024 18:51
5 Gen Z yang Digadang Bersinar di Piala Eropa 2024, Nomor Akhir Masih Remaja
Lamine Yamal bersama Timnas Spanyol (Instagram/lamineyamal)

ERA.id - Perhelatan Piala Eropa 2024 membuka mata penggemar sepak bola di penjuru dunia. Banyak dari mereka menantikan bakat bakat muda dari para Gen Z.

Gen Z adalah generasi yang lahir setelah 1997 hingga 2012. Beberapa diantaranya mungkin sudah beranjak dewasa dan mulai menggantikan peran milenial.

Di pertandingan awal fase grup Piala Eropa penonton disuguhkan era baru sepakbola yang mulai dihiasi bintang Gen Z.

Berdasarkan statistik yang ada, mereka bukan hanya menggendong skuadnya melainkan juga memberi kesan menghibur bagi penonton layar kaca.

Dikutip dari laman UEFA, berikut bakat muda yang siap mengguncang Piala Eropa 2024.

1. Jude Bellingham

Penampilan Jude Bellingham (20) yang kuat di Piala Eropa 2024 melawan Serbia membuktikan ia dianggap sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang di dunia sepakbola.

Pemain Real Madrid berusia 20 tahun ini menyumbangkan gol kemenangan bagi Timnas Inggris di laga pembuka. Ia bermain sebagai kreator serangan di belakang Harry Kane.

Jude menunjukkan dominasinya di lini tengah, menunjukkan ketenangan dan kepemimpinan yang mengesankan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja komando timnya.

2. Jamal Musiala

Jamal Musiala (21), yang sering digembar-gemborkan sebagai permata generasi emas Jerman. Musiala tampil luar biasa di dua laga pembuka Piala Eropa.

Pemain Bayern Munchen ini jadi top skor sementara turnamen dengan dua gol. Masing-masing dicetak di dua laga berbeda yakni saat menang 5-1 atas Skotlandia dan 2-0 kala melumat Hungaria.

Kemampuan Musiala untuk melewati pemain bertahan dengan mudah dan penguasaan bolanya yang sempurna membuat Skotlandia kesulitan menahannya sepanjang pertandingan. Penampilannya berperan penting dalam  mengatur serangan serta membuka ruang bagi rekan timnya.

3. Florian Wirtz

Seperti Musiala, Florian Wirtz (21) adalah gelandang serang brilian yang tampil memukau di Jerman. Musim lalu sosoknya tampil memukai kala menjadi pahlawan bersama Bayer Leverkusen asuhan Xabi Alonso yang menjuarai Liga Jerman.

Meski tidak begitu terlihat di laga kedua kontra Hungaria, “penyihir cilik” milik Jerman ini sudah menyumbangkan sebiji gol di laga awal turnamen.

Gol miliknya dari luar kotak penalty kontra Skotlandia menjadi tanda pembuka di Piala Eropa 2024.

4. Arda Guler

Dalam debutnya di Piala Eropa, Arda Guler (19) tidak hanya mencetak gol spektakuler melawan Georgia tetapi juga menggeser Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol termuda di ajang 4 tahunan ini.

Meskipun musim pertamanya di Real Madrid dirusak oleh cedera dan kurangnya kesempatan bermain, kini Arda Guler siap menunjukkan keterampilan sepak bolanya yang luar biasa di Piala Eropa.

Layak ditunggu sihir bocah ajaib Turki ini di sepanjang turnamen.

5. Lamine Yamal

Lamine Yamal (16) menjadi pemain termuda di Piala Eropa 2024. Daya jelajahnya dalam menggiring bola dan memaksimalkan kecepatan menjadi kekuatan wonderkid Barcelona berusia 16 tahun ini.

Lamine Yamal sudah menjadi tumpuan lini depan dan membawa Spanyol lolos dari fase grup. Meski belum menyumbang gol, namun sosoknya menjadi aktor gol bagi Dani Carvajal di laga pembuka Piala Eropa.

Laporan: Galih Ridwan

Rekomendasi