Ansu Fati dan Rekor Gol Pemain Termuda Spanyol

Tim Editor

Ansu Fati (Marca)

ERA.id - Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda Spanyol saat ia mencetak gol ketiga saat El Matador melawan Ukraina pada Minggu (6/9) malam.

Ansu Fati menjadi starter bersama Dani Olmo dan Ferran Torres saat Spanyol menjamu Ukraina pada lanjutan UEFA Nations League Liga 1 Grup 4 di Alfredo di Stefano Stadium, Senin (7/9/2020) dini hari WIB.

Kepercayaan Luis Enrique itu dibayar tuntas oleh Ansu Fati lewat performa apik di atas lapangan. Selama 90 menit bermain, Ansu Fati membuat enam attempts, dua shot on goal, dua kali membuat peluang, enam kali dribel, dan 10 sentuhan di kotak penalti lawan.

Gol pertama Spanyol di menit kedua ewat penalti Sergio Ramos juga karena andil Ansu Fati yang menusuk ke area terlarang dan dilanggar pemain lawan. Sempat diselingi gol kedua Ramos, Ansu Fati tak mau ketinggalan.

Seperti dikutip dari Marca, Senin (7/9/2020), pemain didikan akademi Barcelona itu membuat gawang Ukraina bergetar pada menit ke-32 lewat sepakan melengkung ke pojok kanan bawah dari luar kotak penalti. Dengan gol tersebut, ia menjadi pencetak gol termuda Spanyol pada usia 17 tahun dan 311 hari. 

Spanyol unggul 3-0 di babak pertama dan menambah satu gol lagi lewat Torres di menit ke-84.

Pemain kelahiran Guinea-Bissau yang pindah ke Spanyol di usia enam tahun itu juga pemegang rekor pencetak gol termuda Barcelona, pencetak gol termuda di Liga Champions, pencetak gol dan assist termuda sekaligus pemain termuda yang bikin minimal dua gol di LaLiga.

Sebelum Ansu Fati ada nama Juan Errazquin sebelumnya memegang rekor tersebut pada usia 18 tahun dan 344 hari dengan golnya pada 1 Juni 1925 melawan Swiss.

Tag: barcelona liga spanyol

Bagikan: