Tim Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, Menpora: Kita Tak Tinggal Diam!

| 18 Mar 2021 15:25
Tim Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, Menpora: Kita Tak Tinggal Diam!
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Antara)

ERA.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mendukung Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna melakukan langkah-langkah untuk memperjuangkan keadilan bagi tim nasional yang berlaga di turnamen All England 2021.

Timnas Indonesia dipaksa mundur oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) usai mendapatkan email dari pemerintah Inggris melalui National Health Service (NHS). 

NHS mewajibkan pebulu tangkis Indonesia melakukan karantina karena disebut melakukan kontak dengan orang positif Covid-19 di pesawat menuju Inggris.

"Saya mendukung PBSI untuk melakukan langkah-langkah untuk mempertanyakan ke BWF internasional dan federasi Asia. Supaya orang tahu bahwa kita tidak tinggal diam, kita merasakan perlakuan tidak adil kepada tim kita," ujar Zainuddin dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/3/2021).

Zainuddin menegaskan, baik pemerintah maupaun PBSI memang seharusnya melakukan perlawanan atas kasus ini. Sebab, jika dibiarkan akan merugikan Timnas Indonesia di turnamen lainnya.

Dia mengatakan, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia diperlakukan dengan tidak adil di turnamen lainnya jika saat ini tak mengambil langkah tegas.

"Jika kita diamkan misalnya kita sudah anggapan ada indikasi tentang tidak fair, tidak adil kemudian kita biarkan, maka kita akan dianggap lemah. Kita akan diperlakukan sama kalau ada event lagi yang seperti ini," tegasnya.

Diketahui, tiga wakil Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah memainkan laga babak pertama di All England. Ketiga wakil Indonesia itu sukses memenangkan pertandingan dan melaju ke babak kedua.

Namun, tak lama setelah itu, Timnas bulu tangkis Indonesia mendapatkan email dari pemerintah Inggris melalui National Health Service (NHS) yang meminta untuk menjalankan isolasi mandiri dari 10 Maret hingga 23 Maret. Lantaran, para pebulu tangkis Indonesia satu pesawat dengan penumpang yang positif COVID-19 dalam penerbangan dari Istambul ke Birmingham.

Atas email tersebut, BWF meminta Timnas Indonesia untuk mundur dari turnamen All England 2021.

Tim nasional Indonesia sebenarnya sudah menjalani tes COVID-19 setibanya di Birmingham. Hasilnya, seluruh skuad Indonesia negatif terinfeksi virus Corona.

Rekomendasi