Bawa PSM Bungkam Persija, Akun Instagram Patrich Wanggai Diserbu Makian Rasis

Tim Editor

Patrich Wanggai

ERA.id - PSM Makassar membungkam Persija Jakarta dengan skor akhir 2-0 pada pertandingan Grup B turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021) kemarin. Pencetak golnya adalah Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri.

Skema gol pertama sebelum turun minum yakni berawal dari umpan lambung sayap kanan PSM Makassar dari Yakob Sayuri, kemudian berhasil dikendalikan dengan baik oleh Patrich Steve Wanggai dengan memutar badan, dan mampu melesakkan bola ke tiang jauh gawang yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa. PSM Makassar unggul 1-0 atas Persija Jakarta.

Sementara gol kedua diawali dari penyerang PSM Makassar Yakob Sayuri yang berhasil mencuri bola dari pemain belakang Persija Jakarta Yann Motta Pinto dan mampu mencetak gol untuk menambah keunggulan PSM Makassar. PSM Makassar unggul 2-0 pada menit ke-67 sampai bubaran.

Tak lama berselang pencetak gol pertama dari PSM, Patrich Wanggai di Instagramnya, mendapatkan serangan bernada rasisme. Hal ini patut disesalkan sebab Fifa sudah bersepakat melarang rasisme dalam sepak bola.

Tindakan warganet yang rasis ini lalu menjadi viral di Twitter dan dilambungkan oleh akun @medioclubid. Di sana, akun tersebut mengunggah tangkapan layar beberapa komentar yang menghujat pencetak gol pertama PSM kontra Persija tersebut.

Banyak yang menyesalkan kejadian tersebut, mayoritas warganet mengaku bahwa rasisme tidak boleh mengotori pertandingan sepak bola. Rasisme, bagaimana pun alasannya, juga dianggap sebagai perbuatan yang tidak terpuji serta tidak dibenarkan sama sekali. Jika jengkel, sampaikan kekecewaan dan kemarahan dengan cara yang beradab, tidak dengan memaki dengan nada yang rasis dan kasar.

Untuk diketahui, susunan pemain kedua klub kemarin yakni sebagai berikut:

Persija Jakarta - Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanussa, Marco Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta Pinto, Marc Anthony Klok, Osvaldo Ardiles Haay, Riko Simanjuntak, Rizki Ramdani Lestaluhu, dan Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

PSM Makassar - Hilman Syah, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Arfan, Rizky Eka Pratama, Rasyid Assahid Bakri, Sutanto, Patrich Steve Wanggai, dan Yakob Sayuri.

Pelatih: Syamauddin Batolla 

Tag: persija sepak bola rasis Rasisme makassar PSM Makassar patrich wanggai

Bagikan: