Kasihan Timnas Indonesia, Lawan UEA, Lagu Kebangsaannya Malah Jadi Lagu Malaysia

| 12 Jun 2021 10:29
Kasihan Timnas Indonesia, Lawan UEA, Lagu Kebangsaannya Malah Jadi Lagu Malaysia
Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong

ERA.id - Timnas Indonesia harus pulang dengan tangan hampa lagi, usai mereka dijadikan lumbung gol dan tim juru kunci bagi negara lain di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menyusul hal tersebut, asisten pelatih tim nasional Indonesia, Choi In-cheol mengakui skuadnya kalah kualitas dari Uni Emirat Arab (UEA) setelah ditundukkan 0-5 pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Jumat (11/6) malam.

"Secara kualitas, lawan jauh di atas kami. Mereka juga unggul pengalaman," ujar Choi, berdasarkan keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/6/2021).

Bukan cuma itu saja, di Stadion Zabeel, sebelum melawan UEA, Panpel Kualifikasi Piala Dunia, bikin bingung pemain Timnas Indonesia karena salah memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hal tersebut benar-benar nyata. Dalam sebuah video pendek, terlihat wajah striker Kushedya Hari Yudo dan bek Arif Satria, tampak kebingungan, saat berkesempatan menyanyikan "Indonesia Raya".

Beberapa pemain lainnya yang memegang lambang Garuda di dada kiri mereka, juga akhirnya menoleh ke sisi kiri menunjukkan kebingungan.

Bagaimana tidak, sewaktu akan bernyanyi, panitia pelaksana pertandingan justu memutar lagu kebangsaan Malaysia, 'Negaraku'.

Tentunya ini adalah hal yang buruk, sebab perhelatan internasional sebesar Kualifikasi Piala Dunia, malah melakukan kesalahan fatal dengan mengganti lagu kebangsaan.

Apakah cuma pemain? Tidak. Suporter Indonesia yang datang ke Stadion Zabeel juga kebingungan. Mereka malah memprotes perlakuan panitia penyelenggara.

Setelah diprotes, operator langsung mengganti lagu Malaysia itu dengan Indonesia Raya. Akhirnya, Evan Dimas dan kawan-kawan pun bernyanyi dengan khidmat.

Rekomendasi