Medali Emas Atlet Jepang Diganti Baru Usai 'Digigit' Wali Kota Nagoya

| 13 Aug 2021 15:22
Medali Emas Atlet Jepang Diganti Baru Usai 'Digigit' Wali Kota Nagoya
Atlet sofbol Jepang, Miu Goto (kanan), berfoto bersama medali emas Olimpiade Tokyo. (Foto: @miugoto_18/Instagram)

ERA.id - Atlet sofbol Jepang peraih medali emas di Olimpiade Tokyo, Miu Goto, bakal mendapatkan medali pengganti dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) setelah medali miliknya digigit oleh wali kota tempat asalnya.

Melansir Insider, (13/8/2021), Miu Goto adalah pelempar bola di tim sofbol Jepang, yang meraih medali emas dengan mengungguli tim AS 2-0 di final Olimpiade Tokyo.

Pada 4 Agustus, Goto menghadiri acara perayaan kemenangan di kampung halamannya di Nagoya. Di momen tersebut, melansir media Kyodo News, wali kota Nagoya Takashi Kawamura melepas masker dan menggigit medali Goto.

Belakangan aksi Kawamura mengundang reaksi netizen di media sosial. Beberapa orang menyebut aksi gigit medali itu tidak higienis, apalagi di tengah situasi wabah Covid-19 di Jepang. Sikap Kawamura juga dianggap tidak hormat atas pencapaian Goto.

Kawamura kemudian menyatakan permintaan maaf setelah pemerintahan Nagoya menerima 7.000 lebih komplain, sebut koran Mainichi Shimbun. Dalam pernyataanya, sang wali kota mengaku bersikap "spontan" dan mengakui telah "mengotori seluruh kerja keras selama bertahun-tahun (oleh Goto)".

"Dengan dukungan dari IOC dan sesuai keinginan Goto, medali itu kini sedang ditukarkan denganyang baru," sebut penyelenggara Olimpiade Tokyo kepada Reuters.

Rekomendasi