Semifinal Piala AFF: Indonesia VS Singapura Berakhir Imbang

| 22 Dec 2021 21:27
Semifinal Piala AFF: Indonesia VS Singapura Berakhir Imbang
Witan Sulaeman dok. Antara

ERA.id - Timnas Indonesia gagal memeperoleh kemenangan setlah ditahan imbang Singapura dalam semifinal Piala AFF. Gol dari Witan Sulaeman membawa tim nasional Indonesia mengungguli Singapura dengan skor 1-0 pada babak pertama laga leg satu semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam.

Itu menjadi gol kedua Witan Sulaeman di turnamen Piala AFF 2020.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan trio bek tengah yaitu Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho Ramadhani. Sementara sisi kiri dan kanan pertahanan dikawal Pratama Arhan dan sang kapten Asnawi Mangkualam.

Sementara di tengah ada Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya, lalu lini depan diisi Witan Sulaeman, Irfan Jaya dan Dedik Setiawan.

Dengan formasi seperti itu, Indonesia tidak tampil bertahan. Skuad "Garuda" justru menekan dan tak membiarkan Singapura berlama-lama menguasai bola.

Indonesia baru mendapatkan peluang pada menit ke-18 melalui sepakan Witan yang melambung.

Singapura hampir saja membuka skor melalui sundulan Safuwan Baharudin pada menit ke-22. Namun, kiper Indonesia Nadeo Argawinata mampu menepis bola dengan baik.

Gol Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-28. Berawal dari kerja keras Asnawi di sisi kanan, dia lalu melakukan umpan satu-dua dengan Witan di area benteng Singapura. Witan dengan dingin menuntaskan assist Asnawi, melesakkan bola ke gawang menggunakan kaki kirinya.

Tertinggal satu gol, Singapura berusaha membalas tetapi tak ada gol lain tercipta sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Indonesia terus menggempur. Sebaliknya lewat serangan balik, Ikhsan Fandi menyamakan kedudukan di menit ke-70 setelah lolos dari perangkap offside.

Rekomendasi