6 Cara Mudah Mengambil Foto Estetik, Cuma Bermodal Kamera Ponsel

| 24 Aug 2022 11:02
6 Cara Mudah Mengambil Foto Estetik, Cuma Bermodal Kamera Ponsel
Ilustrasi (unsplash)

ERA.id - Foto estetik banyak dipahami orang hanya bisa diambil dengan kamera berkualitas seperti DSLR atau HP dengan kamera yang bagus. Namun, tahukah Anda, untuk mendapatkan foto estetik, bisa juga dilakukan dengan kamera HP biasa.

Tidak perlu kamera atau alat-alat canggih, Anda hanya membutuhkan skill atau kemampuan edit foto yang mumpuni agar hasil pengambilan foto tidak kalah estetik.

Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat hasil foto Anda lebih estetik hanya dengan menggunakan HP atau ponsel.

Penentuan Angle yang Tepat

Untuk mendapatkan foto estetik, Anda juga perlu memperhatikan angle yang tepat. Angle yang ditentukan saat pengambilan foto dapat memberikan perspektif yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menjadikan sebuah objek tampak lebih kecil, besar, jauh, atau dekat. Untuk mendapatkan angle yang tepat, Anda bisa melakukan eksplorasi dengan HP Anda dan mengambil gambar dengan berbagai macam angle.

Manfaatkan Pencahayaan yang Alami

Pencahayaan adalah hal paling penting saat pengambilan foto. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan pencahayaan yang ada di sekitar objeknya. Pencahayaan yang alami dan menarik bisa menjadikan foto Anda terlihat lebih estetik dan jelas. Hasil foto juga lebih terlihat cerah dan memberikan warna yang cemerlang.

Sedangkan waktu yang tepat untuk mendapatkan pencahayaan alami yang bagus yaitu sekitar jam 9, kemudian pada sore hari sebelum matahari tenggelam. Inilah yang disebut sebagai golden hour.

Penentuan Komposisi Warna

Sebelum Anda membidik sebuah objek untuk mendapatkan foto estetik, sebaiknya tentukan dulu warna yang akan disorot. Warna yang terkesan cerah dapat menggugah energi atau semangat, sedangkan warna netral memberi kesan minimalis.

Dengan demikian, komposisi warna menjadi sangat penting karena sebuah bangunan akan lebih terlihat estetik dalam foto jika tepat komposisi warnanya.

Anda bisa mencari warna yang tepat dengan nuansa yang akan Anda hadirkan pada foto estetik Anda. Warna yang dapat dipilih antara lain warna yang hangat, dingin, maupun warna netral. Untuk foto-foto travel, warna yang terkesan hangat sangatlah cocok, warna dingin cocok untuk foto alam bebas dan lanscape, sedangkan untuk fashion, gaya hidup, atau produk, lebih cocok dengan warna netral

Bermain dengan Kontras

Setelah menentukan pencahayaan dan komposisi warna yang tepat, selanjutnya Anda harus memainkan kontras. Elemen kontras yang diterapkan dalam foto estetik dapat menghadirkan sentuhan yang cukup menarik. Ingin memotret foto yang berkesan? Ambillah foto dengan warna yang berlawanan karena akan tercipta ketegangan visual.

Misalnya, Anda dapat mengambil gambar dengan warna terang dan gelap, objek bersih dan kotor, dengan tetap memerhatikan gaya, emosi, dan objek yang kontras untuk memberi “nyawa” dalam foto Anda.

Perhatikan Detail Foto

Hasil foto estetik yang Anda ambil juga sangat dipengaruhi detail foto, mulai dari cara berpakaian, objek, dan juga lokasi foto. Apalagi jika Anda mau mengambil foto estetik dengan objek orang, maka detail sangatlah penting.

Anda harus memperhatikan perilaku, gaya, dan lingkungan sekitar agar pesan yang hendak disampaikan dalam foto estetik Anda sampai kepada penikmat foto. Anda juga wajib memperhatikan nuansa atau perasaan seperti apa yang hendak dimunculkan dalam foto estetik agar lebih terlihat menarik dan penuh makna. Contohnya foto estetik dengan nuansa minimalis, pastel, hitam putih, grunge, dan sebagainya.

Perhatikan Resolusi Foto

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan jika ingin menjadikan foto Anda semakin terlihat estetik yaitu resolusi foto. Sangat disayangkan jika kita sudah susah-susah ambil foto, tapi resolusinya kecil atau rendah. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda mengatur kamera terlebih dahulu untuk mendapatkan foto HD dan tajam. Hal ini dilakukan untuk memastikan segala komponen seperti ketajaman, warna, kontras, dan detail lain dapat terlihat dengan optimal.

Demikianlah tips atau beberapa cara mengambil foto estetik dengan mudah hanya menggunakan HP Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Rekomendasi