Cobain 5 Trik Fotografi Lewat Kamera Handphone, Bikin Gambarmu Makin Keren

| 04 Sep 2022 23:00
Cobain 5 Trik Fotografi Lewat Kamera Handphone, Bikin Gambarmu Makin Keren
Ilustrasi trik fotografi dengan handphone (unsplash)

ERA.id - Berbagai produk ponsel atau handphone berlomba-lomba menawarkan kemampuan terbaik dalam hal pengambilan gambar. Saat ini foto bagus tak harus diambil dengan kamera berharga mahal sebab kamera ponsel telah mampu melakukannya.

Namun, trik fotografi keren dengan kamera handphone harus dipahami karena keunggulan perangkat tidak menjamin hasil memuaskan.

Tak berhenti di situ, saat ini aplikasi smarthphone yang bisa meningkatkan kualitas jepretan juga mudah didapatkan. Tak heran jika orang dari berbagai kalangan bisa lebih mudah untuk masuk ke bidang fotografi.

Meski demikian, perlu diingat bahwa karakteristik kamera yang ada pada smartphone berbeda dengan kamera digital, seperti kamera DSLR atau mirrorless. Oleh sebab itu, trik dan tips tertentu perlu dikuasai untuk “mengakali” perbedaan spesifikasi kamera tersebut.

Dengan demikian, karena hanphone tetap bisa memberikan hasil yang baik. Berikut ini Era sampaikan beberapa tips yang bisa Anda coba.

Ragam Trik Fotografi Keren dengan Kamera Handphone

1. Pemilihan Angle

Angle yang umum digunakan dalam fotografi adalah angle eye level, yaitu memosisikan lensa karena sejajar tinggi objek foto. Posisi dan sudut pandang lensa kamera terhadap objek layaknya mata kita memandang objek secara normal.

Namun, Anda bisa melakukan pencarian dan percobaan uhntuk mendapatkan sudut pandang yang lain. Carilah angle yang bisa memberikan nilai lebih dalam hal estetika. Ketika Anda mencari angle yang tak biasa, insting dan feel Anda dalam memotret juga akan terlatih.

Sebagai contoh, objek berupa gedung tinggi biasanya dipotret dengan sudut pandanga dari bawah. Hal tersebut akan menguatkan kesan kemegahan dari objek. Namun, bagaimana jika Anda mencoba memotret gedung dari sudut pandanga atas (lebih tinggi dari objek)? Anda bisa menggunakan gedung lain yang lebih tinggi dari objek untuk mendapatkan angle ini.

2. Latihan kestabilan memegang handphone

Salah satu trik fotografi dengan handphone yang paling dasar, tetapi kadang tak diperhatikan adalah cara memegang handphone. Jika pengaturan pencahayaan dan komposisi telah tepat, kestabilan dalam memegang ponsel juga harus dijaga.

Ilustrasi penggunaan tripod (unsplash)

Jika tangan Anda bergetar atau goyang saat memotret, hasil fotonya cenderung blur atau tidak jelas. Selama Anda melatih kestabilan dalam memegang ponsel, Anda bisa menggunakan tripod saat memotret. Alat ini bisa membuat ponsel Anda tetap diam dan meredam getaran.

3. Mode Grid

Salah satu cara yang mudah dan bisa menghasilkan gambar yang bagus menggunakan smartphone adalah mengaktifkan garis kisi (mode grid) yang ada di smarthphone. Komposisi foto yang baik adalah menggunakan aturan “sepertiga", yaitu prinsip komposisi fotografi membuat sebuah foto “dipecah” menjadi tiga, baik secara horizontal maupun vertikal.

Ilustrasi mode grid (unsplash)

Saat Anda menggunakan mode grid, komposisi foto yang baik akan membuat hasil foto lebih seimbang, rata, dan alami. Foto pemandangan yang cantik dan pencahayaan yang tepat kanda kurang bagus dipandang jika komposisi fotonya tidak pas.

4. Fokus dengan mendekatkan ponsel ke objek

Resolusi adalah salah satu keterbatasan dari kamera smartphone. Resolusi menurun saat Anda menggunakan fitur zoom ada pada kamera sehingga hasilnya tampak lebih buram dan tidak cerah.

Trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan ini adalah cara manual, yaitu mendekatkan kamera smartphone ke objek. Dengan trik zoom in ini, resolusi kamera tidak akan berkurang sehingga hasil foto lebih optimal.

5. HDR di saat tepat

High dynamic range (HDR) yang ada pada kamera smartphone memiliki fungsi untuk mengatur pencahayaan agar lebih dinamis. Saat kamu mengaktifkan fitur ini, kamera akan meningkatkan pencahayaan secara otomatis sesuai kebutuhan dan kondisi di sekitar objek.

Umumnya, foto yang dihasilkan akan tampak lebih terang atau cerah saat HDR diaktifkan. Fitur HDR akan sangat membantu Anda jika belum terlalu mahir dalam menentukan sudut pencahayaan. Namun, trik fotografi keren dengan kamera handphone yang satu harus digunakan pada saat yang tepat agar tidak merusak fokus objek.

Rekomendasi