Cara Menghitung Dana Pensiun dan Contoh Penerapannya, Sudah Tahu?

| 18 Jan 2023 08:30
Cara Menghitung Dana Pensiun dan Contoh Penerapannya, Sudah Tahu?
Ilustrasi pensiun. (Ilustrasi pixabay)

ERA.id - Biasanya orang-orang akan mulai berpikir tentang pensiun jika sudah memasuki usia separuh abad. Masa pensiun idealnya menjadi masa tenang dan beristirahat setelah sekian lama seseorang mendedikasikan daya dan upayanya dalam bekerja. Satu hal yang menjadi pertanyaan adalah sudahkah uang pensiun cukup untuk menyambut masa ini? Sebab realitanya banyak orang yang sudah pada masa pensiun dan tidak produktif namun tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga atau memenuhi sisa tanggung jawab yang belum terselesaikan. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana cara menghitung dana pensiun dengan tepat.

Masa pensiun tentu saja harus dipersiapkan dengan perhitungan matang karena yang dicita-citakan setiap orang pada hari tua adalah hidup nyaman dan tenang dengan keuangan yang terjamin atau dana pensiun yang aman. Dana pensiun umumnya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di hari tua agar kesejahteraan di masa tua tetap terjaga. Menyimpan dan memiliki dana pensiun ini menjadi hal yang paling diinginkan dan menjadi impian banyak orang. Bahkan banyak dari generasi milenial saat ini mencari pekerjaan yang sudah mencakup dana pensiun sehingga tidak perlu rumit memikirkan uang dan finansial saat sudah tidak bekerja karena penghasilan yang diperoleh sudah otomatis terpotong untuk dana pensiun.

Jika perusahaan tempat bekerja tidak mencakup dana pensiun, maka kita perlu melakukan upaya untuk memiliki dana pensiun yang aman seperti menabung dan menyisihkan beberapa persen penghasilan untuk dana pensiun dengan nilai yang bisa mencukupi untuk kehidupan di masa tua. Maka perlu tahu cara dan tips untuk mengelola dana pensiun agar sejahtera di masa tua. Mengelola dana pensiun bisa menjamin keamanan dan kenyamanan setelah usia tidak lagi produktif.

Cara Menghitung Dana Pensiun Dengan Tepat

Sebelum mengetahui cara menghitung dana pensiun, beberapa tips agar dapat mengumpulkan dana pensiun, yaitu:

  • Mengontrol arus pengeluaran uang sehari-hari
  • Mencari penghasilan tambahan
  • Memulai untuk produktif kerja sedini mungkin
  • Pilihan investasi yang tepat dan jelas
  • Fokus untuk menata tujuan jangka Panjang

Lalu untuk menghitung dana pensiun yang akan persiapkan ketika hari tua nanti, salah satu cara bisa dengan menggunakan kalkulator dana pensiun. Kalkulator ini tersedia di internet dengan mudah dan dapat diakses dengan mudah dan cepat. Di dalam kalkulator persiapan dana pensiun tersebut terdapat beberapa hal yang harus diketahui seperti:

  • Usia saat ini
  • Usia masuk masa pensiun
  • Usia harapan hidup
  • Perkiraan pengeluaran per bulan di masa pensiun
  • Jumlah aset atau tabungan yang dimiliki saat ini
  • Tingkat inflasi di Indonesia

Contoh Penerapan Penghitungan Dana Pensiun

Ilustrasi dana pensiun. (Ilustrasi Pixabay)

Sebagai pengetahuan dari penghitungan dana pensiun dapat dicermati dari contoh berikut ini. Contohnya adalah seseorang ingin pensiun di usia 60 tahun dan usia harapan hidupnya adalah sampai 80 tahun. Adapun perkiraan pengeluaran perbulan di masa pensiun adalah Rp10.000.000. Maka dana pensiun yang perlu disiapkan adalah 20 tahun dikali biaya hidup perbulan. Jika biaya hidup sebesar Rp3.000.000 perbulan, maka total dana pensiun yang disiapkan sebesar Rp10.000.000 x 12 (jumlah bulan dalam setahun) x 20 = Rp 2,4 miliar.

Berdasarkan perhitungan dana pensiun di atas, tentu saja harus memiliki aset yang terbaik dan terpercaya karena jika hanya mengandalkan tabungan saja maka tidak akan mencukupi. Cara menghitung dana pensiun yang paling tepat adalah dengan tidak mengandalkan dana pensiun dari kantor. Alasannya sederhana, yaitu karena kantor tidak menjamin seseorang untuk tetap bekerja di sana sampai memasuki usia pensiun.

Dana pensiun merupakan salah satu aspek terpenting dalam hidup karena dapat menjamin kesejahteraan usia tua. Hidup tenang dan damai di hari tua adalah keadaan ideal dari sebuah puncak perjalanan kehidupan seseorang. Mempersiapkan segala hal terutama finansial yang aman tentu saja membutuhkan usaha lebih namun akan setara dengan hasil yang akan dinikmati.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi