Baterai Mobil Listrik Bisa Awet, Asal Tahu Cara Perawatannya

| 22 Aug 2022 22:14
Baterai Mobil Listrik Bisa Awet, Asal Tahu Cara Perawatannya
Ilustrasi mobil listrik (unsplash)

ERA.id - Berapa lama baterai kendaraan listrik bertahan? Secara umum, mobil Anda biasanya membutuhkan baterai baru setelah tiga hingga empat tahun. Menariknya baterai mobil listrik bisa awet lho, yuk simak caranya!

Ada baiknya mengetahui tanda-tanda Anda membutuhkan baterai baru karena tidak ada yang menginginkan pengalaman memiliki baterai mati. Ira dari Toyota USA menjawab semua pertanyaan tentang baterai mobil untuk pengemudi di Danvers Amerika Serikat.

Apakah Ada Umur Baterai Mobil Listrik?

Mungkin akan ada beberapa jawaban berbeda. Beberapa mobil akan punya daya tahun  hingga lima atau enam tahun. Sementara yang lain membutuhkan baterai yang baru setelah dua tahun. Secara umum, mobil Anda biasanya membutuhkan baterai baru setelah tiga hingga empat tahun.

Mengganti baterai mobil Anda adalah bagian lain dari perawatan rutin. Memeriksa baterai adalah standar layanan servis untuk mobil Anda setelah tiga tahun, bahkan jika Anda belum memerlukannya.

Alasan mengapa sulit untuk memberikan satu jawaban yang final soal berapa lama baterai mobil bertahan, karena ada banyak elemen yang dapat mempengaruhi masa pakai baterai Anda.

Kebiasaan yang Membuat Masa Pakai Baterai Cepat

Terdapat dua faktor terbesar yang mempengaruhi berapa lama baterai Anda bertahan adalah kebiasaan mengemudi dan tempat tinggal Anda.

Lama tidak menggunakan mobil dapat benar-benar menurunkan umur baterai Anda. Jika Anda tidak sering mengemudi atau Anda hanya menggunakan mobil untuk perjalanan singkat, maka itu akan melemahkan baterai Anda.

Jika Anda hanya menggunakan mobil untuk perjalanan 15 menit singkat, cobalah mengambil Rute yang jauh atau melakukan perjalanan untuk membantu memperpanjang masa baterai.

Satu hal lain yang harus Anda perhatikan dalam kebiasaan mengemudi adalah membiarkan lampu menyala ketika kunci kontak mati. Jika Anda meninggalkan lampu interior dalam jangka semalam atau meninggalkan kunci dalam kunci kontak, maka itu akan membunuh baterai dengan cepat.

Selain itu, iklim tempat tinggal Anda adalah faktor lain yang harus diperhatikan. Jika Anda mengemudi di daerah dengan suhu panas sepanjang tahun, maka itu akan membuat baterai Anda lebih cepat rusak daripada mengemudi dalam iklim yang lebih dingin.

Tanda Baterai Mobil Listrik Lemah

Soal berapa lama baterai mobil bertahan? Banyak pengemudi tidak tahu jika baterai mereka rendah sampai mobil tidak mau menyala. Salah satu tanda baterai sudah lemah adalah jika mobil Anda lebih lama untuk start. Anda akan mendengar suara mesin engkol lebih lama dan pengapian tidak berbalik secepat dulu, yang berarti muatan baterai menjadi lemah.

Kemudian Anda juga dapat melihat bahwa lampu interior Anda tidak seterang dulu. Di beberapa mobil, lampu dasbor yang mengindikasikan baterai Anda lemah adalah akan menyala dengan sangat redup.

Tanda lain yang harus diwaspadai adalah kerusakan pada fisik baterai. Jika baterai Anda retak atau telah mulai berkarat, Anda akan dapat melihatnya dengan mata telanjang. Terkadang, Anda bahkan akan mencium bau aneh karena baterai dapat mengeluarkan bau belerang yang menyengat.

Memang mengetahui kondisi baterai mobil Anda penting ketika Anda ingin memaksimalkan umurnya. Maka penting untuk selalu uji tingkat tegangan output baterai Anda dengan penguji baterai mobil. Hal tersebut bertujuan untuk melacak seberapa baik Anda mempertahankan baterai sebelum mengganti yang baru.

Yang paling penting adalah pastikan Anda selalu melakukan penyetelan rutin, serta menyimpan kendaraan Anda dengan benar. Hal tersebut  adalah cara sederhana untuk memastikan umur baterai Anda dapat mencapai kapasitas penuhnya.

Perlu diketahui, baterai mobil listrik hanyalah satu Komponen mobil, jadi pastikan untuk memelihara dengan baik semua bagian mobil Anda untuk memperpanjang umurnya dan umur baterai. Simak artikel menarik soal dunia otomotif hanya di ERA ya.

Rekomendasi