Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Sebuah Ruangan, Hati-hati!

| 04 May 2023 21:05
Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Sebuah Ruangan, Hati-hati!
Ilustrasi kamera tersembunyi (Pixabay)

ERA.id - Kemajuan teknologi memang memberikan dampak besar terhadap perubahan pada saat ini. Selain menimbulkan dampak positif, ada pula efek negatif yang dihasilkan. Misalnya ancaman privasi melalui teknologi kamera tersembunyi. Untuk menghindarinya, Anda harus memahami cara mengetahui kamera tersembunyi di tempat umum.

Cara mengetahui kamera tersembunyi ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan ponsel atau bahkan mengecek secara mandiri. Tentu tak ada salahnya jika mengikuti cara berikut untuk melindungi privasi diri Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab. Simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Instal Aplikasi Pendeteksi

Cara mengetahui kamera tersembunyi dapat dilakukan melalui aplikasi pendeteksi yang tersedia secara gratis. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store untuk ponsel berbasis Android.

Ilustrasi aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi (Pixabay)

Salah satu aplikasi yang tersedia salah satunya adalah Hidden Camera Detector. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan memberikan tanda berupa bunyi alarm saat mendeteksi keberadaan kamera pengintai.

Aplikasi selanjutnya adalah Glint Finder yang menggunakan flash kamera untuk mendeteksi objek berkilau. Pada umumnya lensa kamera akan berkilau sehingga dapat terdeteksi oleh aplikasi.

Aplikasi lainnya ada juga yang berbasis wireless seperti Camera Detector atau Detectify Hidden Device Detector. Kemampuan aplikasi ini yaitu memberikan notifikasi jika timbul risiko adaya kamera tersembunyi di sekitar Anda.

Detektor Frekuensi Radio

Alat selanjutnya yaitu detektor frekuensi radio. Alat ini memiliki ukuran yang mini sehingga dapat Anda bawa berjalan-jalan. Detektor frekuensi radio ini mampu mendeteksi kamera CCTV yang tersembunyi.

Mekanisme kerja dari alat ini yaitu dengan mencari sinyal seperti Wifi ataupun Bluetooth. Kedua fitur tersebut akan mentransmisi gambar dari kamera CCTV yang sinyalnya akan ditangkap oleh detektor  frekuensi radio.

Gunakan Lampu Flash

Cara mengetahui ada CCTV atau kamera tersembunyi selanjutnya yaitu dengan menggunakan lampu flash yang ada pada ponsel. Caranya sederhana, yaitu dengan mematikan semua sumber cahaya.

Anda harus memastikan ruangan benar-benar dalam keadaan gelap. Setelah itu nyalakan flash ponsel dan selanjutnya arahkan ke setiap sisi ruangan.

Apabila muncul pantulan cahaya maka terus sorot hingga Pins menuju lokasinya. Pantulan ini berasal dari lensa kamera pengintai.

Matikan Lampu

Cara mengetahui CCTV atau kamera tersembunyi secara sederhana dapat dilakukan hanya dengan mematikan lampu. Siapkan kamera ponsel Anda yang dilengkapi dengan lampu inframerah.

Inframerah mempunyai keunggulan dapat mendeteksi benda tak kasat mata seperti kamera mini. Setelah lampu mati, selanjutnya berkelilinglah sambil menghidupkan kamera ponsel.

Jika Anda melihat terdapat cahaya ungu atau putih dari layar ponsel, maka kemungkinan besar ada kamera tersembunyi. Pada setiap ponsel, cahaya inframerah dapat berbeda-beda. Untuk mengetahui lampu inframerah, Anda dapat menggunakan remote TV.

Tekan tombolnya dan arahkan ke kamera. Jika terdapat cahaya, maka itulah lokasi inframerah Anda. Umumnya kamera depan lebih mampu menangkap lampu inframerah ini.

Pindai WiFi

Pada saat ini tentunya ada banyak jaringan Wifi yang tersedia dimana-mana. Bahkan, hotspot juga menyebar ke fasilitas publik seperti halte, stasiun, bandara bahkan kantor pemerintahan.

Jaringan WiFi ini dapat dimanfaatkan untuk memeriksa keberadaan kamera pengintai di sekitar Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Fing yang dapat diinstal pada ponsel Android maupun iOS.

Adapun mekanisme kerjanya yaitu dengan menghubungkan ponsel dan jaringan Wifi yang tersedia. Setelah itu buka aplikasi Fing dan selanjutnya pilih opsi Refresh. Posisinya ada di kanan atas layar aplikasi.

Jika terdapat notifikasi perizinan, maka pilihlah setuju agar aplikasi dapat memindai lokasi Anda saat itu. Tunggu hingga proses pemindaian selesai dilakukan. Lihat daftar perangkat, jika Anda menemukan Wyze, Arlo, atau Nest, sebaiknya berhati-hati.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengetahui kamera tersembunyi yang dapat dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat dan tetaplah waspada di manapun Anda berada.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi