Mudah Buat Dilakukan, Begini Cara Setting STB TV Digital

| 02 Nov 2022 17:05
Mudah Buat Dilakukan, Begini Cara Setting STB TV Digital
TV Digital segera hadir sepenuhnya.(foto: dok. unsplash)

ERA.id - Batas akhir Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog ditetapkan pada Rabu, 2 November 2022. Oleh sebab itu, agar bisa mendapatkan siaran TV digital, masyarakat dapat mengatur perangkat TV di rumahnya masing-masing.

Bagi Anda yang tidak mempunyai perangkat TV digital, masyarakat tidak perlu membeli TV baru sebab dengan bantuan Set Top Box (STB), TV analog dapat menayangkan siaran TV digital.

Set Top Box untuk tv digital. (Foto: Antara)

STB dapat dibeli lewat toko online atau langsung mendatangi ke toko fisik terdekat dengan kisaran harga Rp150 ribu hingga Rp300 ribuan.

Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemerintah bahkan sudah menyediakan STB gratis bagi masyarakat miskin.

Lantas, bagaimana cara setting STB TV digital agar bisa kita gunakan? Simak caranya di bawah ini:

  1. Terlebih dahulu pastikan jika daerah di lingkungan Anda sudah tersedia siaran TV digital
  2. Selanjutnya, Anda wajib memasang antena UHF, baik antena luar ruangan maupun yang ada di dalam ruangan
  3. Untuk menerima siaran TV digital, pastikan TV Anda sudah dilengkapi STB DVBT2
  4. Setelah TV terhubung, nyalakan TV dan ubah pengaturannya ke AV
  5. Selanjutnya, untuk memindai program siaran TV digital, pilih opsi pengaturan dan auto scan.

Cara Memastikan TV Sudah Bisa Siaran Digital atau Belum

Secara resmi, Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog direncanakan mulai 2 November 2022 mendatang, atau pada hari Rabu pekan ini secara bertahap.

Agar bisa menyaksikan siaran TV, masyarakat pun harus pindah ke siaran TV digital. Di sini, ada dua cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan memasang Set Top Box (STB) atau bisa menggunakan perangkat televisi secara langsung.

Sedangkan, pemasangan STB TV digital menjadi cara apabila perangkat TV yang Anda miliki belum mendukung atau mempunyai fitur untuk menangkap siaran TV digital.

Bagi masyarakat yang kurang mampu, sejak beberapa waktu lalu pemerintah bersama pihak swasta pun sudah menjalankan distribusi STB TV digital.

Sementara, jika Anda sudah mempunyai perangkat seperti Smart TV, biasanya sudah otomatis mampu menangkap siaran digital tanpa harus memasang STB.

Untuk mengetahui apakah perangkat TV Anda sudah mendukung siaran digital atau belum, cukup dengan mengecek spesifikasi yang umumnya tertera di boks TV atau dengan stiker di perangkat.

Selain itu, untuk mencari opsi siaran digital, Anda juga dapat mencoba secara langsung melalui pengaturan di TV milik Anda.

Adapun cara lainnya adalah dengan memeriksa di situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk mengecek apakah perangkat TV Anda sudah tersertifikasi untuk siaran digital atau belum. Berikut cara yang dapat dilakukan:

  • Kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/
  • Pilih menu Perangkat TV Digital yang ada di bagian atas situs

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi kolom perangkat, merek, dan model/tipe sesuai perangkat Anda untuk mengetahui apakah perangkat sudah dapat mendukung siaran digital atau belum

Dalam keterangannya, jika ingin melihat "data termutakhir”, Kominfo mengarahkan pengguna ke laman e-Sertifikasi Ditjen SDPPI.

Walaupun demikian, seperti yang sebelumnya dijelaskan, Anda juga bisa mencari tahu apakah TV yang Anda gunakan sudah mendukung fitur siaran digital atau belum, dengan melakukan langkah atau cara-cara yang lain.

Namun, jika Anda memiliki budget lebih dan memang ingin membeli TV baru tanpa harus kesusahan memasang STB, Anda tinggal membeli TV yang sudah bisa menyiarkan siaran digital. Sebab, saat ini sudah banyak TV jenis demikian yang dijual dengan harga terjangkau.

Demikianlah pembahasan mengenai cara setting stb tv digital. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : TV digital kominfo
Rekomendasi