Cara Hapus Cache di iPhone, Harus Anda Ketahui Agar Tidak Keliru!

| 31 Dec 2022 09:01
Cara Hapus Cache di iPhone, Harus Anda Ketahui Agar Tidak Keliru!
Ilustrasi iPhone. (foto; phone Arena)

ERA.id - Bagi pengguna iPhone terutama pengguna baru, mungkin telah mengetahui bahwa sistem manajemen memori perangkat iPhone berbeda dengan ponsel lain. Pada ponsel lain terdapat pilihan untuk membersihkan cache, tapi tidak dengan iPhone. Data di iPhone bias menumpuk dan ikut tersimpan di memori saat mengakses aplikasi atau website seperti ketika melihat konten berupa foto atau video.

Cache pada ponsel sebenarnya dapat berguna agar ponsel tidak perlu bekerja keras untuk memuat ulang aplikasi dan situs web sehingga konten dapat diakses dan ditampilkan dengan cepat tanpa menunggu waktu lama. Namun di sisi lain, cache yang berupa rekaman simpanan data sementara ini jika menumpuk dapat memakan ruang memori di ponsel hingga tanpa sadar menjadi terlalu banyak, akibatnya memori ponsel tiba-tiba menjadi penuh.

Ilustrasi iPhone (foto: dok. pixabay)

Beberapa ponsel Android tersedia pilihan khusus untuk menghapus cache yang dapat diakses melalui pengaturan perangkat. Sedangkan pada iPhone tidak memiliki pilihan khusus untuk menghapus cache pada pengaturan perangkat. Sistem operasi iPhone akan menghapus cache secaras otomatis jika ponsel sedang membutuhkan ruang memori yang cukup banyak. Meskipun demikian, cara manual dapat dilakukan untuk menghapus cache di iPhone.

Cara menghapus cache pada iPhone dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

Cara Menghapus Cache Dengan Cara Restart

Cara ini merupakan cara paling sederhana dan banyak dipakai. Pengguna hanya perlu melakukab restart pada iPhone. Pertama, tekan tombol sleep/wake selama beberapa detik, kemudian akan terlihat menu berupa Slide to Power Off. Geser menu tersebut dan perangkat iPhone akan mati dan data cache terhapus secara otomatis. Setelah itu, pengguna dapat menyalakan kembali perangkat iPhone.

Cara Menghapus Cache Pada Situs Web

Pengguna dapat membuka Pengaturan dengan klik ikon gerigi roda. Gulir ke bawah hingga menemukan pilihan browser “Safari” lalu klik ikon tersebut. Kemudian cari pilihan “Clear History and Website Data” atau “Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web.” Dengan menggunakan cara ini, cache hingga cookie dari seluruh situs akan ikut terhapus, termasuk juga data-data terkait yang tersinkronisasi Safari melalui iCloud.

Cara Menghapus Cache Pada Aplikasi

Pada aplikasi, klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu "Setting" atau “Pengaturan.” Kemudian, klik pilihan "Umum" atau "General" lalu gulir ke bawah dan klik pilihan “iPhone Storage” atau "Penyimpanan iPhone." Pilih aplikasi yang dirasa terlalu sudah banyak memakan ruang memori. Selanjutnya, klik pilihan “Delete App” atau "Hapus App." Semua cache akan terhapus lalu pengguna dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi yang tadi telah dihapus.

Itu adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghapus cache iPhone. Adapun melakukan upgrade perangkat iPhone ke penyimpanan yang lebih besar juga dapat dilakukan agar tidak perlu rumit untuk menghapus data cache pada saat-saat membutuhkan memori lebih banyak.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : iphone ponsel
Rekomendasi