Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen, Emang Bisa? Begini Triknya..

| 06 Jan 2023 07:07
Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen, Emang Bisa? Begini Triknya..
Ilustrasi baterai iPhone lowbat (Freepik/rawpixels)

ERA.id - Kinerja baterai yang cepat menurun menjadi keluhan banyak pengguna iPhone. Baterai yang cepat habis atau boros sangat mengganggu kenyamanan penggunaan ponsel. Jika anda mengalami, jangan panik dulu. Ada cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen.

Ponsel iPhone memiliki fitur persentase kesehatan baterai yang jarang tersedia dalam ponsel lain. Fitur ini berfungsi untuk memeriksa kesehatan baterai pada iPhone anda. Dengan adanya fitur ini, anda dapat melihat berapa performa baterai ponsel anda. Sementara cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone disebut dengan kalibrasi ulang. 

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Saat mengalami performa baterai iPhone menurun, banyak orang merasa panik dan kesal. Saat mengalami kondisi ini, anda jangan buru-buru memutuskan mengganti baterai iPhone atau beli ponsel baru. Apalagi jika keuangan anda sedang menipis atau tidak mencukup. 

Lakukan langkah kalibrasi baterai untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone anda, sebagai berikut:

Charger iPhone sampai 100%

Pertama, anda perlu mengisi daya baterai iPhone anda hingga full atau 100%. Pastikan anda menggunakan charger original agar pengisian daya bisa lebih cepat dan maksimal. 

Pakai iPhone hingga Baterai Mati

Anda perlu menggunakan iPhone anda sampai dayanya habis atau mati total. Untuk mempercepat penghabisan daya baterai, anda bisa menjalankan program berat, seperti bermain game, memutar video, menyetel musik, melakukan videocall, dan sebagainya. 

Charger Baterai hingga Penuh

Jika baterai iPhone anda sudah mati atau habis sampai 0%, selanjutnya charger ponsel anda. Pastikan anda mengisi daya memakai charger original. Kemudian tunggu sampai ponsel menyala kembali dan biarkan mengisi daya sampai full 100% kurang lebih selama 3 jam.

Nyalakan iPhone

Selanjutnya anda perlu menyalakan iPhone dengan kondisi charger yang masih terhubung. Untuk menyalakannya, anda tinggal menekan tombol ‘Power’ dan tunggu hingga tombol ‘Apple’ muncul. Setelah itu, lepaskan colokan charger anda.

Ulangi Proses Kalibrasi

Apabila baterai anda sudah dinyalakan dengan baterai terisi full, anda perlu mengulangi proses awal tadi. Gunakan iPhone anda sampai mati total atau baterai 0%. Kemudian isikan daya lagi hingga baterai kembali 100%.  

Proses ini memang memakan waktu yang cukup lama. Jadi anda harus bersabar dan tahan untuk tidak memakai iPhone anda terlebih dahulu. Catatan lain, cara tersebut tidak selalu bisa mengembalikan kesehatan baterai anda kembali normal 100 persen. Namun tidak ada salahnya anda mencobanya. 

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Ada sejumlah cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan baterai iPhone anda tetap baik. Berikut sejumlah tips yang bisa anda lakukan:

Charger iPhone sebelum Lowbat

Banyak orang menggunakan iPhone tanpa mempedulikan persentase baterainya. Padahal penggunaan iPhone hingga daya menipis atau lowbat bisa merusak kesehatan baterai. Saat baterai lowbat atau berada di persentase 20% biasanya akan muncul peringatan untuk menghemat daya. 

Jadi pastikan anda selalu mengisi daya iPhone anda sebelum baterai lowbat. Jangan sampai anda melakukan pengisian daya dalam kondisi baterai habis. Selain merusak baterai, hal ini dapat membuat komponen lainnya terancam rusak. juga.

Memakai Charger Original iPhone

Ilustrasi charger iPhone (Freepik/pvpprodcutions)

Pastikan juga anda selalu mengisi daya menggunakan charger original dari iPhone. Penggunaan charger bawaan iPhone akan membuat arus isi daya menjadi stabil dan menjaga kesehatan baterai tetap baik. Kondisi sebaliknya akan terjadi ketika anda memakai charger KW atau bukan ori. 

Pastikan juga anda mencharger baterai saat iPhone dalam suhu rendah. Jangan langsung mengisi daya ketika suhu iPhone anda sedang panas. Biarkanlah terlebih dahulu hingga suhunya mendingin. Pengisian saat suhu panas akan membuat arus listrik mengalir secara tidak stabil, sehingga membuat baterai cepat habis. 

Demikianlah informasi mengenai cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen. Anda bisa mencoba melakukan kalibarasi baterai jika baterai iPhone anda menurun. Selain itu, pastikan anda selalu mengisi daya sebelum low bat dan menggunakan charger original.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi