Keuntungan Fitur Dark Mode Bagi Ponsel

Tim Editor

    Ilustrasi dark mode ponsel (KristopherK/pixabay)

    Jakarta, era.id - Mode gelap atau dark mode sedang jadi tren di developer perangkat lunak (software) dan aplikasi. Setelah Instagram, iOS 13, dan yang terbaru aplikasi surat elektronik Gmail, juga membenamkan fitur serupa. Lalu apa sebenarnya keuntungan dan manfaat mode gelap itu?

    Sebelum mencari tahu keuntungan mode gelap, ada baiknya kita menyamakan pikiran mengenai apa itu mode gelap. 

    Seperti dijelaskan Apple pada laman resminya, mode gelap merupakan sebuah desain tampilan interface dari aplikasi bawaan yang menggunakan warna gelap. Sehingga tampilan menu dan pengaturan memiliki nuansa gelap, serta membuat ikon utama terlihat lebih menonjol dari warna latarnya.

    "Mode gelap mendukung semua fitur aksesibilitas," menurut keterangan tertulis Apple, Rabu (23/10/2019).

    Apple memperkenalkan mode gelap pertama kali untuk Mac pada 2018. Pada waktu itu, salah seorang kreatif profesional Apple berbicara tentang fitur ini, menurutnya fitur ini menimbulkan kesan ramping dan membuat foto dan teks lebih terlihat menonjol dengan latar belakang hitamnya. 

    Selain dari sisi kreatif, keuntungan yang jelas dari fitur itu adalah mode gelap membantu melindungi mata dari warna putih yang menyilaukan di layar komputer maupun ponsel. Dilansir dari CNET, warna layar putih terang yang menyilaukan bisa menyebabkan penglihatan kabur, sakit kepala dan mata berair. 

    Bagi banyak orang, mode gelap dapat mengurangi gejala tersebut. Selain itu mengurangi jumlah cahaya yang menyilaukan yang dipancarkan dari layar ponsel maupun komputer itu bisa membantu orang untuk tidur lebih nyenyak. 



    Hemat Baterai


    Keuntungan lain dari mode gelap, tak hanya membantu mengurangi beban mata pengguna saat melihat perangkatnya. Mode gelap juga teruji bisa menghemat daya tahan baterai. Sebab dibutuhkan daya lebih untuk memancarkan warna yang cerah dibandingkan dengan warna gelap. 

    Mode gelap memang jadi salah satu pilihan untuk menghemat daya. Mengutip Tirto.id, hal itu dibuktikan oleh Studi Fang-Cheng Lin dkk berjudul “Color Filter-Less LCDs in Achieving High Contrast and Low Power Consumption by Stencil Field-Sequential-Color Method."

    Penelitian itu mengungkapkan bahwa layar-layar berbasis liquid crystal display (LCD) memiliki lapisan-lapisan tertentu. Jika dalam lapisan LCD itu ditambahkan lapisan filter, yang mampu mereduksi panel penghasil warna-warni, daya yang dibutuhkan LCD untuk hidup bisa ditekan. Menurut hitung-hitungan Lin, daya baterai yang bisa ditekan ialah sebesar 5-10 persen.

    Sementara itu, untuk menguji kebenarannya laman Phone Buff mencoba membandingkan daya tahan baterai antara mode gelap dan mode terang di iPhone yang sudah ditanam iOS 13. Dalam tes tersebut mereka menggunakan robot untuk mengoperasikan ponsel itu secara otomatis. 

    <blockquote class="twitter-tweet" data-lang="id"><p lang="in" dir="ltr">Menurut satu ujikaji yang telah dijalankan oleh <a href="https://twitter.com/phonebuff?ref_src=twsrc%5Etfw">@phonebuff</a>, mereka mendapati iPhone yang menggunakan dark mode penggunaan bateri dapat dijimatkan sehingga 30%.<br><br>Penjimatan ini akan lebih ketara bagi model iPhone X, Xs dan 11 Pro yang menggunakan panel OLED untuk paparan skrin. <a href="https://t.co/2TPVBEloB8">pic.twitter.com/2TPVBEloB8</a></p>&mdash; Hafifi Hafidz ? (@h_hafidzz) <a href="https://twitter.com/h_hafidzz/status/1186445880313839617?ref_src=twsrc%5Etfw">22 Oktober 2019</a></blockquote>
    <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

    Dua ponsel itu berisi baterai masing-masing 100 persen. Setelah dua jam dioperasikan seperti berkirim pesan, mononton video, dan membuka peta, ada perbedaan konsumsi baterai. Namun masih tipis. Yang mode gelap tersisa 88 persen, yang mode terang tersisa 83 persen. 

    Perbedaan signifikan terlihat setelah diuji selama enam jam. Isi baterai ponsel yang menggunakan mode gelap tersisa 43 persen sedangkan yang terang tinggal 20 persen. 

    Sampai akhirnya percobaan diakhiri setelah tujuh jam tiga puluh tiga menit, dimana iPhone yang mode terang mati total sementara yang mode gelap tersisa sekitar 30 persen.  

    Tag: smartphone sistem operasi android produk apple gmail aplikasi bisma chipset teknologi 7nm

    Bagikan :