Perbedaan Mediatek dan Snapdragon, Lebih Bagus yang Mana?

| 22 Jan 2023 07:05
Perbedaan Mediatek dan Snapdragon, Lebih Bagus yang Mana?
Perbedaan mediatek dan snapdragon (Twitter)

ERA.id - Snapdragon dan Mediatek adalah dua produk chip yang biasa dikenal di lini smartphone android. Memangnya apa perbedaan Mediatek dan Snapdragon? Mari simak artikel selengkapnya.

Kedua perusahaan ini telah menjadi penyedia chipset ponsel pintar pihak ketiga yang dominan selama bertahun-tahun, setelah mundurnya pemain seperti Texas Instruments, Intel, dan NovaThor dari ST-Ericsson.

Ray Tracing pada Snapdragon 8 gen2 (Twitter)

Qualcomm dengan Snapdragon bisa dibilang sebagai pembuat prosesor Android yang paling terkenal di pasaran dan menjadi penyedia chipset pilihan untuk smartphone unggulan selama lebih dari satu dekade. Faktanya, kemungkinan besar jika Anda memiliki ponsel Android unggulan, ponsel tersebut memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon.

Snapdragon juga memiliki beragam chip kelas bawah dan kelas menengah, yang masuk ke dalam semua jenis ponsel murah. Namun, mereka kehilangan sebagian pangsa pasar global dari Mediatek di segmen ini.

Sementara itu, Mediatek adalah merek prosesor ponsel Android yang paling populer, tetapi Qualcomm memiliki ruang kelas atas.

Namun Qualcomm telah lama menjadi pemimpin dalam hal konektivitas nirkabel dengan menawarkan dukungan 5G yang komprehensif baik dalam sub-6GHz dan mmWave. Sementara itu, prosesor mmWave pertama Mediatek baru diluncurkan pada pertengahan 2022.

Dilansir dari androidauthority.com, berikut ini beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui tentang Mediatek dan Snapdragon:

Perbedaan Mediatek dan Snapdragon

  1. CPU

Ketika berbicara tentang CPU, Qualcomm memiliki sejarah dalam menciptakan inti Kryo sendiri. Namun, sejak 2017, perusahaan ini telah memilih desain semi-kustom (dijuluki Kryo Gold atau Kryo Silver). Desain ini didasarkan pada inti CPU Arm standar, dengan beberapa penyesuaian untuk konsumsi daya dan kinerja.

Sementara itu, MediaTek menggunakan inti CPU Arm standar untuk prosesornya, meskipun tampaknya tidak memodifikasinya pada tingkat yang sama dengan Qualcomm.

Qualcomm secara umum telah menggunakan inti CPU Arm terbaru dan terhebat untuk prosesor andalannya, yaitu seri Cortex-X. Namun, bisa dibilang ketinggalan dalam hal silikon anggaran hingga beberapa tahun terakhir.

Situasi ini berbalik untuk Mediatek untuk waktu yang lama. Mediatek melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam membawa CPU terbaru ke kelas menengah tetapi hanya mengadopsi CPU Cortex-X kelas atas untuk silikon andalannya tahun ini.

Singkatnya, Qualcomm dan Mediatek sekarang berada di halaman yang sama dalam hal teknologi CPU dan tenaga. Namun Qualcomm juga bersiap untuk mengadopsi CPU khusus dalam beberapa tahun ke depan setelah akuisisi Nuvia.

  1. GPU Mediatek vs Snapdragon, Bagus Mana?

    Performa Snapdragon8Gen2 vs dimensity9200 (Twitter)

GPU bisa dibilang merupakan keunggulan terbesar Qualcomm, berkat teknologi grafis Adreno yang dirahasiakan. GPU ini merupakan hasil dari akuisisi Qualcomm terhadap bisnis chip grafis genggam AMD (Adreno adalah anagram dari Radeon, merek grafis AMD).

GPU Adreno perusahaan secara tradisional telah mengalahkan GPU Mali milik Arm yang digunakan dalam prosesor Mediatek dan chip Samsung sebelumnya. Sebagai contoh, seri Snapdragon 865 tahun 2020 dengan mudah mengalahkan prosesor Samsung Exynos 990 dalam pengujian GPU.

Jadi, bagaimana kinerja chipset terbaru? Sebagai contoh keluarga Snapdragon 8 Gen 1 saling beradu dengan Mediatek Dimensity 9000 Plus, namun hanya memiliki perbedaannya cukup kecil.

Selain itu, Qualcomm juga secara tradisional mengungguli GPU Arm dalam hal fitur-fitur seperti variable rate shading dan rendering volumetrik. Dengan kata lain, chip terbaru Mediatek telah mengimplementasikan fitur grafis yang unik seperti pelacakan sinar berbasis perangkat lunak. Tetapi ini adalah fitur yang sangat khusus dan tidak setara dengan solusi berbasis perangkat keras.

  1. Dukungan dan pembaruan pengembang

Jika Anda berencana untuk mem-flash ROM baru pada ponsel Anda, ponsel yang dilengkapi dengan Qualcomm menjadi pilihan utama. Ponsel Mediatek memiliki reputasi yang buruk beberapa tahun yang lalu untuk dukungan pengembang (atau ketiadaan dukungan pengembang) dibandingkan dengan Qualcomm.

Selain itu, sejarah mencatat chip Mediatek juga dianggap sebagai pilihan yang buruk bagi para penggemar karena ponsel yang ditenagai oleh chip ini memiliki reputasi keterlambatan atau tidak adanya pembaruan sistem.

Namun, banyak perangkat kelas bawah yang secara tradisional menggunakan Mediatek dan ponsel dengan harga terjangkau sering kali tidak menikmati banyak pembaruan sistem sejak awal.

Perlu juga dicatat bahwa pengembang game cenderung mendukung GPU Adreno Qualcomm terlebih dahulu daripada GPU lainnya. Tetapi sebagian besar game seharusnya menawarkan kinerja pada chip Mediatek yang setara dengan chipset Snapdragon.

  1. Kesimpulan

Pada akhirnya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli smartphone selain chipset yang digunakan. Apakah Anda akan membeli ponsel canggih tanpa fitur, atau ponsel kelas menengah dengan kamera yang bagus, tahan air, dan slot kartu microSD? Itu semua tergantung pada prioritas Anda.

Jika Anda berencana untuk mengutak-atik bagian dalam ponsel Anda atau menginginkan kompatibilitas maksimum dengan game dan aplikasi, maka ponsel Qualcomm telah menjadi pilihan utama untuk saat ini. Namun, tahun 2022 juga telah menghadirkan ponsel flagship bertenaga Mediatek yang sama kuatnya dengan flagship Snapdragon.

Braket kelas menengah lebih suram, tetapi Anda tidak akan salah memilih salah satu dari kedua perusahaan tersebut jika Anda memiliki chip yang mumpuni seperti Snapdragon 870, Dimensity 8100, Snapdragon 7 Gen 1, dan Dimensity 1300.

Selain perbedaan mediatek dan snapdragon, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi