Tren Handphone 2024, Mana yang Paling Menarik?

| 27 Dec 2023 23:00
Tren Handphone 2024, Mana yang Paling Menarik?
Ilustrasi tren handphone 2024 (pexels)

ERA.id - Manusia modern punya kebiasaan mengikuti tren teknologi, terutama teknologi komunikasi. Selain faktor kebutuhan, sebagian orang menganggapnya sebagai alat fashion untuk meningkatkan status sosial.

Minat pasar yang tinggi memacu produsen terus berlomba-lomba menghadirkan barang baru. Jelang pergantian tahun, tren hanphone 2024 sebenarnya masih berada di pusaran ponsel Android dan iOS. Namun, handphone-handphone ini hadir dengan tawaran kecanggihan dan kebanggaan lebih tinggi.

Tren Handphone 2024 yang Siap Menyapa

Samsung Galaxy (Sammobile)
  • Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Fold 6

Samsung memiliki dua HP lipat yang jadi andalan hingga saat ini, yaitu tipe Flip dan Fold. Tahun 2024, mereka akan merilis Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Fold 6. Diperkirakan, keduanya muncul pada Juli atau Agustus 2024.

Ada beberapa peningkatan dibandingkan seri sebelumnya, misalnya segi cover screen yang lebih luas tapi desainnya lebih ringkas. Kapasitas dan efisiensi baterai juga disebut lebih baik daripada pada Flip 5 dan Fold 5.

  • iPhone 16 Series

Direncanakan, iPhone akan merilis keluarga iPhone 16 pada September atau Oktober 2024, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Performa mesin dan baterai disebut akan lebih baik dibandingkan tipe sebelumnya.

Soal penampilan, iPhone 16 akan hadir dengan desain lebih tipis dan layar yang hampir tanpa bezel. Selain itu, tersebar kabar bahwa produksi baterai seri ini akan dilakukan di India, bukan China.

  • Samsung Galaxy S24 Series

Awal tahun 2024 Samsung akan merilis Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Salah satu kemampuan yang jadi perbincangan adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi secara penuh. Sebagian pihak bahkan tidak menyebut Galaxy S24 sebagai smartphone, tapi AI Phone.

Galaxy S24 Series telah diintegrasikan dengan AI-generatif sehingga pengguna bisa menggunakannya untuk menerjemahkan audio dan teks secara langsung. Nantinya ponsel ini akan dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 3 khusus 'for Galaxy'.

  • Xiaomi 14

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro sudah dirilis di China. Diperkirakan, tahun depan varian ini akan hadir pula di Indonesia. Nomor model Xiaomi 14 dan Ziaomi 14 Pro disebut telah terdaftar memenuhi TKDN di situs Kementerian Perindustrian.

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro dibekali chipset premium terbaru, yaitu Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm. Selain itu, HP ini menggunakan sistem operasi terbaru HyperOS, bukan lagi MIUI.

HP Android ini memiliki keunggulan soal fotografi. Untuk urusan kamera, Xiaomi menggandeng Leica. Tampil dengan tiga kamera utama, masing-masing beresolusi 50 MP. Kamera tersebut bisa digunakan untuk fungsi utama, telefoto, dan ultrawide.

  • Google Pixel 9

Tahun 2023 Google menghadirkan Google Pixel 8. Tahun depan, mereka merilis penerusnya, Google Pixel 9. Diperkirakan, ponsel Android ini akan tampil pada Oktober 2024. Salah satu bocoran soal ponsel ini adalah penggunakan SOC buatan Samsung, yaitu Tensor G4.

Kami juga telah membuat artikel mengenai perbedaan Mediatek dan Spapdragon. Baca tulisan tersebut untuk lebih memahaminya.

Itulah berbagai info soal tren handphone 2024. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi