Perbedaan dan Manfaat WA Bisnis dan WA Biasa untuk Usaha Online

| 03 Feb 2023 09:10
Perbedaan dan Manfaat WA Bisnis dan WA Biasa untuk Usaha Online
WhatsApp (Dok: Unsplash/Dima Solomin)

ERA.id - Memasuki era modern kini teknologi semakin mudah untuk berbisnis. Anda bahkan sudah bisa menggunakan aplikasi jualan online dan mengetahui cara kerja Whatsapp API untuk berjualan secara online. Namun, tahukah Anda apa perbedaan WA bisnis dan WA biasa?

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai perbedaan Whatsapp bisnis dan Whatsapp biasa. Lengkap dengan manfaat dari penggunaan WA bisnis untuk membuka usaha online.

Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa

Sekilas antara Whatsapp bisnis dan biasa terlihat sama. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Whatsapp bisnis tentu ditujukan untuk Anda yang ingin atau sedang menjalani usaha khususnya usaha online. Lalu, apa saja perbedaan keduanya?

1. Logo

Hal pertama yang paling mudah dikenali perbedaan antara WA bisnis dan biasa adalah dari logo. Whatsapp bisnis mempunyai logo dengan latar berlakang berwarna hijau dan terdapat huruf kapital "B". Sementara itu, untuk Whatsapp biasa hanya berlogo warna hijau dengan gambar telepon biasa.

2. Profil Pengguna

Profil pada WA bisnis terlihat lebih lengkap dan kompleks. Mulai dari menampilkan informasi mengenai katalog produk, deskripsi produk, dan harga produk. Selain itu, ada juga menu alamat toko dan jam operasional.

Sementara itu, untuk Whatsapp biasa, hanya berisi bagian nama, gambar tampilan dan nomor telepon. Bahkan, untuk WA bisnis juga menampilkan website perusahaan atau informasi sosial media lainnya.

3. Label Pada Kontak

Berikutnya yaitu label pada kontak. Fitur pada WA biasa tidak mendukung fitur label pada kontak, sementara pada WA bisnis ada fitur label kontak. Fitur ini memberi label dengan kode warna secara kategoris pada daftar chat.

Adanya fitur ini juga berguna untuk memisahkan antar setiap pelanggan. Selain itu, fitur ini juga berguna agar Anda sebagai penjual bisa menentukan prioritas lebih mudah.

4. Keamanan

WA bisnis maupun WA biasa mempunyai enkripsi ujung ke ujung untuk pesan. Hal ini setiap pesan sepenuhnya akan diamankan oleh protokol yang bahkan tidak bisa diakses oleh pengguna lain.

Hal tersebut memastikan bahwa setiap pesan yang dibagikan oleh kedua Whatsapp tersebut akan aman mencapai tujuannya (penerima pesan).

5. Otomatisasi Pesan

Terakhir, yaitu otomatisasi pesan. Pada Whatsapp biasa Anda tidak bisa mengotomatiskan pesan di Whatsapp pribadi. Namun, pada Whatsapp bisnis, Anda bisa melakukan pengiriman pesan otomatis dan akan terkirim.

Fitur otomatisasi pesan ini akan sangat berguna untuk pebisnis yang sibuk, dengan begitu calon pelanggan bisa mendapat respon otomatis terlebih dahulu sebelum benar-benar direspon oleh pemilik akun Whatsapp.

Manfaat Penggunaan Whatsapp Bisnis

Setelah mengetahui perbedaan WA bisnis dan WA biasa di atas, selanjutnya adalah manfaat penggunaan Whatsapp bisnis untuk usaha online. Berikut merupakan ulasannya untuk Anda.

1. Terdapat Peningkatan Layanan

Salah satu kelebihan Whatsapp bisnis ialah memberikan informasi mengenai bisnis kepada pelanggan melalui obrolan secara realtime. Dengan adanya informasi dan dukungan yang dicari oleh para calon pelanggan, maka Whatsapp bisnis dapat membantu untuk menumbuhkan rasa loyalitas dan kepercayaan.

2. Percakapan Terverifikasi Merek

Setiap akun bisnis harus membuat "Profil Bisnis" sendiri di Whatsapp. Dengan begitu, hal ini akan membuat profil bisnis menjadi elemen yang sangat penting untuk promosi dan branding ke dalam percakapan Whatsapp Anda.

3. Jangkauan Pasar Global

Aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi populer yang digunakan oleh lebih dari 100 negara. Hal ini juga yang menjadikan Whatsapp bisnis sangat recomended dan menjadikannya sarana menguntungkan bagi para pelaku bisnis agar bisa menjangkau pelanggan dari seluruh penjuru dunia.

4. Membangun Komunikasi Dua Arah

Whatsapp bisnis memberikan kemudahan bagi pebisnis dengan para pelanggan untuk saling bertukar informasi. Dengan menggunakan Whatsapp bisnis, maka Anda bisa membangun komunikasi dua arah antara penjual dengan pembeli. Tentu ini menjadi hal yang sangat bagus untuk memasarkan produk Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa sekaligus menanyakan mengenai minat atau sesuatu hal yang dibutuhkan oleh pelanggan secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui minat dan keinginan dari target pasar Anda secara langsung.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui apa saja perbedaan dari WA bisnis dan WA biasa lengkap dengan manfaat WA bisnis untuk usaha online. Jadi, jika Anda sedang membuka usaha online, jangan ragu untuk menggunakan Whatsapp bisnis karena memiliki manfaat yang sangat besar untuk bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, Whatsapp bisnis juga mempunyai fitur dan layanan yang lebih lengkap untuk menunjang kebutuhan aktivitas berbisnis. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam menjual produk Anda kepada konsumen secara langsung dan terkesan lebih dekat.

Rekomendasi