Perbedaan Paspor Reguler dan Percepatan, Lebih Baik Pilih yang Mana?

| 18 Jul 2024 21:30
Perbedaan Paspor Reguler dan Percepatan, Lebih Baik Pilih yang Mana?
Perbedaan paspor reguler dan percepatan (Ditjen Imigrasi)

ERA.id - Bagi para pelancong, paspor merupakan dokumen penting. Di Indonesia sendiri terdapat dua paspor yaitu paspor reguler dan paspor percepatan.

Lantas apa perbedaan paspor reguler dan percepatan?

Masing-masing jenis paspor memiliki perbedaan dalam hal proses pembuatan, biaya, dan keuntungannya. Artikel ini akan membahas secara mendalam perbedaan antara kedua paspor ini.

Apa Perbedaan Paspor Reguler dan Percepatan

Dilansir dari laman resmi Kantor Imigrasi Yogyakarta, berikut ini beberapa rangkuman terkait perbedaan paspor reguler dan percepatan:

  1. Lama Proses

Pada paspor reguler memiliki proses yang memakan waktu 4 hari kerja, yang terhitung sejak pengajuan hingga pengambilan paspor. Kemudian, Anda juga perlu datang ke kantor imigrasi dua kali. Pertama untuk proses pemberkasan, foto, dan wawancara, dan kedua untuk pengambilan paspor jadi.

Sementara itu, Paspor Percepatan prosesnya jauh lebih cepat, hanya 1-2 jam untuk menyelesaikan semua proses. Anda hanya perlu datang sekali ke kantor imigrasi. Layanan ini ideal bagi Anda yang membutuhkan paspor secepatnya untuk keperluan mendesak, seperti perjalanan bisnis mendadak atau undangan acara di luar negeri.

  1. Biaya

Untuk Paspor reguler, Anda akan dikenakan biaya yang cukup murah, yaitu Rp 350.000 untuk paspor biasa 48 halaman dan Rp 650.000 untuk paspor elektronik 48 halaman.

Kemudian untuk Paspor Percepatan (selain membayar biaya pembuatan paspor) Anda juga perlu membayar biaya layanan percepatan sebesar Rp 1.000.000. Sehingga total biaya menjadi Rp 1.350.000 untuk paspor biasa 48 halaman dan Rp 1.650.000 untuk paspor elektronik 48 halaman.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel mengenai Cara Mengajukan Paspor Online

Biaya yang lebih tinggi pada pembuatan paspor percepatan ini sebanding dengan kemudahan dan kecepatan yang Anda dapatkan.

  1. Apa saja Manfaat yang Didapatkan dari Layanan Percepatan

  • Proses kilat: Membuat paspor dengan layanan percepatan dapat menghemat waktu berharga Anda, terutama saat Anda dikejar deadline perjalanan.
  • Hemat waktu dan tenaga: Dengan layanan ini, Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor imigrasi, mengantri panjang, dan menunggu dengan waktu yang lama.
  • Memperlancar bisnis: Layanan ini sangat cocok untuk pengusaha yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.
  • Tenang dan terhindar stres: Selain itu, adanya layanan percepatan juga dapat menghilangkan kekhawatiran keterlambatan pengurusan paspor, sehingga Anda dapat fokus pada persiapan perjalanan.
Siapa Saja yang Membuat Paspor Percepatan (Antara)

Siapa Saja yang Membuat Paspor Percepatan?

Paspor layanan percepatan sangat bermanfaat bagi Anda yang mendapatkan undangan konferensi internasional di luar negeri dalam waktu seminggu. Layanan percepatan dapat membantu Anda mendapatkan paspor dengan cepat, sehingga Anda tidak perlu melewatkan kesempatan penting tersebut.

Kedua, jika ada seorang pengusaha yang perlu melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri secara berkala. Layanan percepatan akan menghemat waktu, sehingga pembuatnya dapat kembali fokus pada bisnis dengan segera.

Ketika, ketika ada seseorang yang merencanakan pernikahan di luar negeri dan ingin mengajak keluarga besar. Layanan percepatan dapat membantu seluruh anggota keluarga mendapatkan paspor dengan cepat, sehingga tidak ada yang tertinggal dalam momen spesial tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat memilih membuat paspor reguler  jika memang Anda memiliki waktu luang untuk mengurus paspor dan ingin menghemat biaya.

Sementara itu, Anda dapat memilih paspor percepatan jika membutuhkan paspor secepatnya, rela membayar lebih, dan menghargai kemudahan dan kecepatan proses.

Selain perbedaan paspor reguler dan percepatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : paspor imigrasi
Rekomendasi