Bisnis Lebih Efisien dengan Menggunakan Akun Whatsapp Bisnis

| 31 Mar 2023 22:47
Bisnis Lebih Efisien dengan Menggunakan Akun Whatsapp Bisnis
Ilustrasi Whatsapp (Unsplash)

ERA.id - Siapa yang tak kenal aplikasi Whatsapp? Sepertinya siapa pun juga tahu. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga kini banyak yang menggunakan Whatsapp. Tak bisa diragukan lagi, hal ini bisa Anda dilihat dari buktinya yang mengukuhkan Whatsapp sebagai aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan. Tak hanya oleh orang Indonesia, tetapi juga di dunia. 

Whatsapp semakin populer di berbagai kalangan tak hanya karena praktis digunakan sebagai alat pengirim pesan saja. Hadirnya Whatsapp API, yang membuat para pelaku bisnis bisa melakukan berbagai aktivitas di hanya 1 aplikasi saja, membuat Whatsapp jadi primadona. Tentu saja demikian, sebab aplikasi WhatsApp yang kini sudah dilengkapi dengan teknologi API (Application Programming Interface) ini bisa membantu para pebisnis di dalam menerima pesan, menjawab pesan, serta menjangkau dan juga menjalin komunikasi dengan para pelanggannya tanpa harus berpindah aplikasi. Jadinya, menggunakan Whatsapp API membuat segalanya lebih efisien.

Anda salah satu dari pelaku bisnis? Anda ingin membuat waktu Anda lebih efisien di dalam menjalankan bisnis Anda? Ayo gunakan WA Bisnis ini. Caranya mudah sekali. Tahapan-tahapan berikut merupakan cara membuat akun bisnis di WA yang bisa Anda jadikan patokan.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan lalu menginstall aplikasi WhatsApp Bisnis yang resmi, yakni aplikasi WA yang ada di Play Store jika Anda menggunakan smartphone Android atau di App Store jika Anda menggunakan iPhone.

2. Tahapan dari cara membuat akun bisnis di WA selanjutnya adalah membuat akun baru. Anda hanya cukup mendaftarkan nomor ponsel Anda yang khusus disediakan untuk akun bisnis Anda di aplikasi tersebut.

3. Tahapan berikutnya adalah adalah menekan menu Settings. Anda lalu memiilih menu Business Settings, kemudian memilih menu Profile.

4. Isi semua data dan juga profil dari akun bisnis Anda. Meliputi nama bisnis yang Anda miliki, kemudian alamat atau juga lokasi kantornya, nama website-nya jika ada, serta informasi kontak lainnya seperti nama akun Instagram, nama akun Facebook, atau nama akun yang lainnya. Semakin lengkap Anda menisi data dan juga profil bisnis Anda akan semakin baik. Sebab dengan begitu, toko online yang Anda miliki menjadi lebih informatif untuk calon konsumen Anda.

5. Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan sebagai cara membuat akun bisnis di WA supaya lebih optimal adalah dengan mengaktifkan fitur pembalas pesan secara otomatis. Tahap ini bisa dilakukan dengan cara menekan Settings, kemudian menekan Business Settings, dan lalu menekan Away Message. Berikutnya klik Greeting Message dan terakhir klik Quick Replies.

6. Jika sudah ter-setting dengan baik, langkah selanjutnya adalah menentukan isi untuk pesan balasan secara otomatis tersebut dan pengaturan waktunya dalam mengirim pesan. Ingat, pengaktivan fitur membalas pesan secara otomatis ini perlu sekali dilakukan sebab hal ini akan sangat memudahkan Anda tetap bisa berinteraksi dengan calon konsumen atau konsumen Anda, walaupun Anda sedang sibuk.

7. Fitur berikutnya yang jangan Anda lupakan untuk digunakan adalah pemanfaatan Fitur Katalog Produk. Pemanfaatannya yaitu dengan memasukan foto-foto dari produk binis Anda lengkap dengan harganya. Fitur yang satu ini memiliki peran sebagai etalase dari produk-produk toko online Anda. Dengan memanfaatkan fitur ini, jadinya calon konsumen Anda bisa melihat barang dagangan Anda tanpa perlu dikirimkan filenya kepada mereka. Fitur ini juga jadinya membuat segalanya lebih efisien di dalam menjual produk. Cara menggunakan fitur ini cukup dengan membuka menu Setting, kemudian menekan menu Business Setting, dan lalu menekan menu Catalog. Setelah itu, masukan foto, isi deskripsi, dan juga input harga-harga dari produk tersebut.

8. Tahapan selanjutnya adalah memanfaatkan Fitur Statistik Pesan. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda jadinya bisa menghitung data dari pesan-pesan yang sudah terkirim, pesan yang sudah diterima, dan juga pesan yang sudah dibaca. Berkat fitur ini, Anda pun jadi tahu mengenai jenis pesan yang efektif yang memberi dampak di dalam penjualan produk.

9. Hal lain yang jangan lupa untuk dilakukan sebagai cara membuat akun bisnis di WA adalah mencantumkan Kategori Bisnis Anda. Hal ini supaya WA bisnis Anda jadi lebih informatif. Anda bisa memilihnya di menu dengan menyesuaikannya dengan jenis bisnis Anda. Jika tidak ada di dalam list, Anda cukup memilih menu others atau yang lainnya. Pastinya, dengan membuat WA Bisnis Anda lebih informatif, calon konsumen Anda akan jadi tahu bahwa Anda fokus dan juga serius di dalam menjual produk atau pun jasa Anda.

10. Berikutnya sebagai cara membuat akun bisnis di WA adalah mengaktifkan Fitur Label. Ya, hal ini juga dilakukan supaya akun WA Anda jadi lebih informatif. Fitur ini bisa memberi manfaat di dalam mengklasifikasi chat konsumen untuk Anda. Pengklasifikasiannya bisa dilakukan dengan mengelompokkannya sebagai pesan dari pelanggan baru, kelompok pesan dari pesanan baru, kelompok pesan menunggu pembayaran, kelompok pesan telah membayar, kelompok pesan dari pesanan selesai, atau yang lainnya. Fitur ini jelas akan membantu Anda di dalam membalas pesan serta memasukan data ke dalam buku kas Anda. Selain tentunya juga memudahkan Anda di dalam melakukan penindaklanjutan atau transaksi yang sudah dilakukan.

11. Anda ingin toko Anda lebih terpercaya? Buat akun WA bisnis Anda memiliki fitur Centang Hijau Verifikasi. Anda cukup mendaftarkannya secara langsung atau juga melalui verifikasi berdasarkan nomor telepon yang Anda gunakan dan Anda daftarkan. Selain lebih terpercaya di mata konsumen, adanya centang hijau ini juga akan membuat nama bisnis Anda selalu terlihat di mata konsumen, sekalipun konsumen Anda belum menyimpan data Anda di kontak ponselnya.

Itu dia tahap-tahap yang bisa Anda lakukan sebagai cara membuat akun bisnis di WA. Ayo gunakan sekarang juga WA bisnis ini. Supaya Anda bisa semakin bisa mengendalikan bisnis Anda tanpa harus berpindah aplikasi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain yang nantinya terintegrasi dengan WA bisnis Anda ini. Misalnya saja KOALA+.

Dengan KOALA+ ini, Anda jadinya bisa mengelola berbagai transaksi dari aplikasi pesan mana saja tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Misalnya mengelola pesanan dari marketplace seperti Bukalapak, pesanan melalui Instagram, pesanan melalui WA, dan lain-lain. Dan tak hanya itu, KOALA+ yang gratis ini juga bahkan bisa membuat Anda membalas chat dan juga mengecek ongkos kirim secara langsung. Anda hanya cukup mengunduh dan menginstal nya saja. Ayo optimalkan bisnis Anda dengan menggunakan WA bisnis sekarang juga!

Rekomendasi