Berbagai Fitur Baru WhatsApp untuk Dinikmati Pengguna iPhone

| 23 Feb 2023 19:03
Berbagai Fitur Baru WhatsApp untuk Dinikmati Pengguna iPhone
Ilustrasi fitur baru WhatsApp di iPhone (pexels)

ERA.id - Saat ini pengguna iPhone bisa melakukan video call dengan WhatsApp sambil membuka aplikasi yang lain. Ini merupakan fitur baru WhatsApp (WA) untuk perangkat bersistem iOS yang diberi nama Picture in Picture (PiP).

Fitur baru WA ini telah diuji sejak Desember 2022. Fitur PiP sebenarnya bukanlah fitur yang benar-benar baru dari WA. Sebelumnya, fitur ini telah ada pada perangkat Android.  Cara kerja PiP tidak berbeda jauh dengan aplikasi yang lain, seperti FaceTime yang dimiliki Apple.

Ilustrasi video call dengan WhatsApp (pexels)

Kemampuan Fitur Baru WhatsApp PiP pada Apple

Mode PiP memungkinkan pengguna iPhone untuk me-minimize tampilan layar sehingga tampilan layar menjadi kecil dan berposisi di sudut bawah layar (floating window). Ketika mode ini diaktifkan, pengguna bisa melakukan aktivitas lain dengan gawai tanpa menjeda atau mematikan video call, misalnya membalas chat yang lain atau membuka aplikasi lain.

Fitur ini dirilis bersama pembaruan (update) WA menjadi versi 23.3.77. Pembaruan tersebut bisa diunduh di App Store. Fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua iPhone, melainkan hanya pengguna iPhone dengan iOS versi 12.0 ke atas.

"Dengan dukungan Picture in Picture untuk iOS. Kini Anda dapat melakukan banyak tugas (multitasking) selama panggilan WhatsApp, tanpa harus menjeda video Anda," jelas rincian pembaruan WhatsApp versi 23.3.77 di App Store, seperti dikutip Era.

Fitur baru WhatsApp yang Lain

Pembaruan sistem WhatsApp versi 23.3.77 tidak hanya menghadirkan mode PiP. Salah satu fitur baru yang ditawarkan adalah kemampuan untuk menambahkan takarir (caption) ke file jenis dokumen. Jadi, pengguna bisa menambahkan keterangan saat mengirimkan dokumen ke pengguna lain atau ke grup WA.

Hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan sistem sebelum versi 23.3.77. Dokumen hanya bisa dikirimkan begitu saja tanpa keterangan apa pun. Jadi, pengguna harus mengirimkan pesan dua kali jika ingin memberikan keterangan mengenai dokumen yang dikirimkannya tersebut.

Fitur baru WhatsApp yang lain adalah dukungan untuk nama dan deskripsi grup dengan ukuran yang lebih panjang. Hal ini bisa membuat pengguna memberikan deskripsi mengenai grup secara lebih lengkap.

Jumlah karakter yang bisa digunakan untuk nama grup diperbanyak dari 25 menjadi 100. Penulisan deskripsi grup juga bisa lebih panjang, dari 512 karakter menjadi 2.048 karakter, seperti dilansir Time of India.

Fitur baru terakhir yang diberikan dalam pembaruan WhatsApp untuk iOS adalah avatar. Ini merupakan fitur yang telah dirilis sejak Desember 2022. Dengan avatar, pengguna bisa membuat gambar tiga dimensi yang menyerupai diri sendiri.

Avatar tersebut bisa dijadikan foto profil dan stiker dalam obrolan chat. Namun, beberapa akun mungkin baru bisa mendapatkan berbagai fitur baru WhatsApp tadi beberapa minggu ke depan. Jadi, Anda perlu sering memeriksa pembaruan WhatsApp di App Store jika ingin mencoba fitur-fitur tersebut.

Rekomendasi