WhatsApp Luncurkan Fitur Dark Mode, Begini Cara Aktifkannya

Tim Editor

Fitur dark mode WhatsApp. (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Aplikasi pesan WhatsApp baru saja meluncurkan fitur terbarunya "dark mode" di Android maupun iOS iPhone. Kabar ini diumumkan langsung oleh pihak WhatsApp lewat akun Twitter resminya.

WhatsApp juga telah mengunggah video yang memberikan pesan bahwa orang-orang merasa terganggu ketika bermain ponsel pada ruangan gelap. 

Dilansir dari techcrunch, WhatsApp mengungkapkan bahwa timnya telah menghabiskan waktu untuk "meneliti dan bereksperimen" serta merancang mode gelap dengan berfokus pada dua area, yakni keterbacaan dan mempertahankan hierarki informasi.

Keterbacaan adalah pemilihan warna. Hal ini agar mata pengguna tidak lelah dan warna mendekati default sistem di Android dan Iphone. Sementara, Hierarki Informasi bertugas untuk membantu pengguna agar lebih mudah memfokuskan perhatiannya di layar ponsel. 

"Ketika memilih warna, kami ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih dekat dengan sistem default pada iPhone dan Android," ujarnya WhatsApp yang dilansir dari techcrunch.

Dengan adanya "dark mode", WhatsApp berharap ketegangan mata pengguna dapat berkurang di lingkungan cahaya rendah saat melihat cahaya ponsel. Fitur ini juga penting di saat pengguna sedang tertidur dan lupa untuk mematikan ponselnya. 

"Kami ingin membantu pengguna dengan mudah memfokuskan perhatian pada setiap layar. Kami melakukan ini dengan menggunakan warna dan elemen desain lainnya untuk memastikan informasi yang paling penting menonjol," ujar WhatsApp.

Selain itu, fitur terbaru ini mampu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika ponsel dimainkan dalam ruangan terang. 

Dilansir dari blog WhatsApp, fitur "dark mode" bisa digunakan bagi pengguna Android 10 dan iOs 13. Awali dengan membuka pengaturan (setting) di WhatsApp. Beda ceritanya lagi dengan pengguna Android 9, ponsel yang satu ini bisa diakses dengan membuka Setting-Chat-Theme-pilih Dark. 

Agar bisa menikmati fitur ini, pengguna wajib meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di Android maupun iPhone.

Tag: whatsapp

Bagikan: